Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Walikota Tanjungpinang Buka Lomba Teknologi Tepat Guna, Diikuti 15 Peserta Lomba

15 peserta adu kemmapuan dalam lomba inovasi Teknologi Tepat Guna yang digelar di SMPN 4 Tanjungpinang. Acara ini dibuka Walikota, Rahma.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
Kominfo Tanjungpinang
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat melihat inovasi satu persatu peserta lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar di SMPN 4 Tanjungpinang, Kamis (7/7/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma membuka secara resmi lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar di SMPN 4 Tanjungpinang, Kamis (7/7/2022).

Usai meninjau satu-persatu inovasi yang dilakukan sebanyak 15 peserta lomba.

Rahma ingin bila hasil ahkir ada teknologi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dapat diproduksi secara massal. 

"Dengan demikian, alat hasil dari lomba dapat diproduksi secara massal yang pada akhirnya menjadi produk unggulan Kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan dengan segenap usaha dan kesungguhan peserta diberikan kesempatan untuk terus bersaing hingga ke tingkat Provinsi bahkan nasional," ucapnya. 

Rahma juga mengharapkan, melalui lomba ini masyarakat dapat memperoleh manfaat dan dapat diterapkan sesuai kegunaan dan kemampuannya.

"Serta bagi peserta muncul ide yang inovatif dan kreatif sehingga menghasilkan teknologi yang bermanfaat," ujarnya.

Baca juga: CUACA Batam dan Wilayah Kepri Lain, Jumat 8 Juli 2022, Berawan hingga Hujan Ringan

Sebab, kata Rahma, lomba TTG merupakan suatu inovasi yang diciptakan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.

"Dengan inovasi teknologi, dapat memberi kemudahan dan menjawab kebutuhan masyarakat dengan tidak merusak lingkungan. sehingga, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan," jelasnya. 

Selain itu, lomba inovasi ini dilaksanakan sebagai salah satu langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai jenis teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. 

Ditambahkan Rahma, inovasi TTG juga merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat. 

"Pemberdayaan masyarakat adalah upaya pengembangan masyarakat melalui penciptaan kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri dengan pemanfaatan sumber daya yang ada, peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat,” tambahnya. 

Program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan akan menjadikan masyarakat semakin berdaya guna, mandiri dan secara swadaya mampu meningkatkan kualitas kehidupan sehingga tingkat kemiskinan diharapkan dapat menurun.

"Dan dalam rangka efisiensi dan efektivitas nilai tambah dari mutu hasil produksi kegiatan masyarakat perlu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna," sambungnya.  (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra) 

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved