Breaking News:

INFO CUACA

Prediksi Cuaca di Bintan 3 Hari ke Depan, Berpotensi Hujan Ringan Sedang

Stasiun Meteorologi, Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Pulau Bintan selama tiga hari ke depan

TribunBatam.id/Rahma Tika
Foto kondisi cuaca di perairan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, beberapa waktu lalu. Stasiun Meteorologi, Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Pulau Bintan tiga hari ke depan berpotensi hujan ringan sedang 

TRIBUNBATAM.id - Stasiun Meteorologi, Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Pulau Bintan selama tiga hari ke depan. 

Analisis dinamika, suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 8 Juli 2022 di sekitar perairan Kepulauan Riau khususnya di perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi hangat, berkisar antara 30-31°C dengan anomali SST di wilayah perairan Pulau Bintan yang bernilai netral-positif antara 0.0 s.d. 0.5°C.

Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate masih bernilai -0.69, yaitu dalam kondisi negatif.

Kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat.

Diprakirakan kondisi ini akan berlangsung hingga bulan Desember 2022.

"Indeks ENSO terupdate masih bernilai -0.28 dan dalam kondisi netral, sehingga tidak berpengaruh terhadap aktivitas konveksi di wilayah Indonesia, khusunya Pulau Bintan. Diprakirakan kondisi akan cenderung netral hingga bulan September 2022," ujar prakirawan BMKG Tanjungpinang, Robbi A Anugrah, Ahad (10/7/2022).

Baca juga: Cuaca Batam Hari Ini Termasuk Daerah Kepulauan Riau Lainnya saat Idul Adha

Baca juga: Prakiraan Cuaca Batam Hari Ini, BMKG Prediksi Hujan pada Siang Hari

Analisis per-tanggal 8 Juli 2022 menunjukkan MJO aktif lemah di fase-5, kondisi tersebut cukup pengaruh terhadap penambahan jumlah curah hujan di wilayah Indonesia bagian tengah - timur, tetapi kurang berpengaruh untuk di wilayah Pulau Bintan.

Prakiraan Dasarian II Juli 2022, aliran massa udara di wilayah Indonesia diprediksi masih didominasi oleh angin timuran kecuali di wilayah Sumatera bagian utara hingga tengah.

Kemudian berpotensi adanya pola siklonik di wilayah utara Kalimantan Barat dan barat Sumatera yang berdampak pada belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya.

Kondisi ini diprediksi masih cukup mendominasi sehingga dapat mendukung pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved