Breaking News:

LINGGA TERKINI

Kadishub Lingga Kecewa, Dishub Kepri Ambil Alih Retribusi Pelabuhan Sei Tenam

Dishub Kepulauan Riau Bakal ambil alih retribusi Pelabuhan Sei Tenam di Lingga mulai 1 Agustus 2022 yang membuat Kadishub Lingga kecewa.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Dokumentasi Pemkab Lingga
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lingga, Hendry Efrizal mengaku kecewa dengan sikap Dishub Kepri yang mengambil alih retribusi Pelabuhan Sei Tenam. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Perhubungan atau Kadishub Lingga, Hendry Efrizal kecewa dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri).

Tepatnya setelah Pemprov Kepri melalui Dishub Kepri bakal mengambil alih sepenuhnya retribusi di Pelabuhan Sungai Tenam, Kabupaten Lingga.

Pengambilalihan sepenuhnya retribusi di Pelabuhan Sei Tenam Lingga oleh Pemprov melalui Dishub Kepri ini bakal berlaku mulai 1 Agustus 2022 mendatang.

Hendry tidak mengelak jika secara aturan, Pemprov Kepri berhak untuk menerapkan kebijakan itu.

Tapi menurutnya tidak salah jika Pemprov Kepri mengambil jalan tengah terkait retribusi ini dengan Pemkab Lingga melalui perjanjian kerja sama.

Baca juga: Bertemu Gubernur Kepri, Nizar Perjuangkan Pelabuhan Sei Tenam Dikelola Pemkab Lingga

Potret penumpang di Pelabuhan Sei Tenam, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Pemprov Kepri melalui OPD-nya berencana untuk mengelola pelabuhan ini.
Potret penumpang di Pelabuhan Sei Tenam, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Pemprov Kepri melalui OPD-nya berencana untuk mengelola pelabuhan ini. (TribunBatam.id/Febriyuanda)

“Saya sangat kecewa. Selama ini kami poles kawasan pelabuhan Sungai Tenam, lalu kami tarik retribusi sebagai penambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) Lingga. Akan tetapi Dishub Kepri tidak mau menyerahkan aset dan pungutan retribusinya kepada kami,” ungkapnya, Senin (11/7/2022).

Ia kemudian mencontohkan dengan sikap Provinsi Riau yang bisa menghibahkan aset di Sungai Tenam kepada Pemprov Kepri melalui Dishub Kepri.

Dishub Lingga akan menarik personel di pelabuhan Sei Tenam dan hanya ditinggalkan beberapa petugas yang akan ditempatkan di sana.

“Masak kita sebagai anak dari mereka tidak bisa menyerahkan aset. Paling tidak memberi kewenangan kepada kita untuk memungut retribusi. Pada prinsipnya, kami tetap melayani masyarakat sesuai perintah atasan dan amanat Undang-Undang secara efektif dan efisien. Sangat tidak efektif dan efesien jika kewenangan dan tugas diperkecil, dan personel tidak dibebankan dengan pekerjaan,” sambungnya.

TERJADI di Natuna

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved