Breaking News:

BATAM TERKINI

Ditangkap di Lombok, Polisi Ungkap Kronologi Penangkapan Pelaku Penyelundupan PMI

Penangkapan empat pelaku penyelundupan PMI ilegal di Lombok oleh Polresta Barelang berawal dari insiden kapal PMI tenggelam di Batam, Juni 2022 lalu

Penulis: ronnye lodo laleng | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Ronnye Lodo Laleng
Empat pelaku penyelundupan PMI ilegal yang ditangkap di Lombok, NTB (baju oranye) dihadirkan saat ekspose kasus di Mapolresta Barelang, Batam, Kamis (14/7/2022) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Polisi ungkap kronologi penangkapan empat pelaku penyelundupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal dari Batam ke Malaysia.

Empat pelaku penyelundupan PMI ilegal ini ditangkap di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penangkapan tersebut berawal pada Kamis (16/6/2022) sekira pukul 22.05 WIB.

Satreskrim Polresta Barelang mendapatkan informasi bahwa ada sebuah speed boat tenggelam di perairan Pulau Putri Nongsa Batam.

Pada saat kecelakaan speed boat tersebut tidak dalam keadaan kosong, namun membawa 30 calon PMI.

Mirisnya lagi, ada tujuh orang dinyatakan hilang dan hingga hari ini baru satu orang yang jasadnya ditemukan oleh Polis Marine Singapura.

Kapolresta Barelang KBP Nugroho Tri Nuryanto menjelaskan, setelah mendengar ada laporan tersebut, Satreskrim Polresta Barelang mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mendapatkan informasi jika 23 orang PMI yang selamat sudah diamankan oleh TNI AL di Tanjung Sengkuang, Batam.

Baca juga: Pelaku Penyelundupan PMI Ilegal di Lombok Dapat Upah Mulai Rp 1,5 Juta per Kepala

Selanjutnya, polisi terus melakukan penyelidikan dan menghimpun data-data yang ada di lapangan.

"Berkat informasi dari masyarakat, polisi akhirnya berangkat ke NTB dan menangkap pelaku Aman Sentosa di Lombok Tengah pada Selasa (28/6/2022)," sebut Nugroho Kamis (14/7/2022).

Selanjutnya, berkat informasi dari Aman, polisi kembali menangkap Hasan Maulana pada Kamis (30/6/2022) sekitar pukul 18.00 WITA.

Tidak berhenti sampai di sana, pada Rabu (6/7/2022) polisi kembali menangkap Tohri di sebuah rumah di kawasan Lombok Tengah, sekitar pukul 02.30 WITA.

Sementara pelaku Ahmad Dani ditangkap di lokasi yang sama yakni Lombok Tengah pada Sabtu (2/7/2022) sekitar pukul 21.00 WITA.

Baca juga: Polisi Tangkap Empat Pelaku di Balik Insiden Kapal PMI Tenggelam di Batam, Juni Lalu

Saat ini keempat pelaku masih dilakukan pemeriksaan insentif di Mapolresta Barelang.

Termasuk kapan dan dimana saja tempat yang biasa digunakan untuk keberangkatan para calon PMI tersebut. (TRIBUNBATAM.id/ Ronnye Lodo Laleng)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved