Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Banjir Rob Ancam Anambas 19 Juli Mendatang, Warga Diminta Waspada

BMKG Anambas mengingatkan warga pesisir Anambas untuk mewaspadai ancaman banjir rob yang bisa mengancam wilayah tersebut 19 Juli mendatang.

ISTIMEWA
Kepala Pelaksana BPBD Anambas, Syarif Ahmad mengimbau agar masyarakat di wilayah pesisir siaga dan waspada apabila potensi banjir rob. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Banjir rob masih berpotensi menerjang pesisir wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas pada 19 Juli 2022 mendatang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (17/7/2022) menyebut, potensi banjir rob juga menyasar pesisir Natuna.

Berdasarkan citra satelit altrimetri, pemicu tingginya muka air laut menunjukkan adanya anomali positif yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir lebih tinggi.

Itu juga bersamaan dengan terjadinya fenomena super full moon yaitu fase bulan purnama pada tanggal 13 Juli 2022 yang menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut.

Terkait itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas mengimbau agar masyarakat di wilayah pesisir siaga dan waspada apabila potensi banjir rob tersebut terjadi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Anambas, Syarif Ahmad mengingatkan kepada warga agar membatasi diri untuk tidak melakukan pergerakan atau aktivitas ke laut lepas.

"Potensi itu sebenarnya bisa terjadi bisa tidak, akan tetapi lebih baik kita siap untuk menghadapi kondisi terburuk itu nantinya," ucapnya saat dikonfirmasi TRIBUNBATAM.id, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: SISWI SMPN 4 Karimun Lolos Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Pihaknya menegaskan, khususnya terhadap aktivitas keseharian masyarakat di pelabuhan dan pesisir seperti bongkar muat barang, transportasi penumpang dan pemukiman pesisir agar mempersiapkan diri sedini mungkin.

"Peringatan dini berupa imbauan tentu kita lakukan karena potensi aktivitas pasang air laut dan curah hujan yang tinggi ini dapat menyebabkan banjir rob, sehingga masyarakat dapat mempersiapkan sedini mungkin," kata Syarif. (TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved