Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Gubernur Kepulauan Riau Keluarkan SE Baru Cegah Lonjakan Kasus Covid-19

Gubernur Kepulauan Riau menyebut akan menandatangani Surat Edaran (SE) baru yang berlaku hari ini untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 di Kepri.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Biro Adpim Pemprov Kepri
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad saat memimpin rapat koordinasi covid-19 dengan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jum'at (15/07/2022) malam. Ia telah menandatangani surat edaran terbaru aturan perjalanan untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 di Kepri. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus covid-19.

Hal ini menjadi atensi Gubernur Kepri sebab per 15 Juli 2022 kasus positif covid-19 di Kepulauan Riau telah mencapai 36 orang.

Menurut Gubernur, langkah-langkah sesuai SE Mendagri dan Satgas Covid-19 Nasional harus segera diterapkan di Kepri untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 itu.

"Percepatan vaksinasi dosis 3 (booster) serta penerapan ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) harus segera diberlakukan. Ini untuk semua moda perjalanan baik laut maupun udara" ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Minggu (17/7/2022).

Langkah pembuatan surat edaran baru itu dipertegas dengan rapat koordinasi Covid-19 dengan Kabupaten / Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jum'at (15/7/2022) malam.

Baca juga: Waspada PMK, Gubernur Ansar Terbitkan Surat Edaran untuk Kepala Daerah di Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad memimpin rakor itu sepulang kunjungan kerja ke Kabupaten Karimun.

Sebelumnya, Satgas penanganan Covid-19 nasional mengeluarkan SE Nomor 21 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada masa pandemi Covid-19.

Serta yang terbaru Surat Edaran Mendagri Nomor 440/3917/SJ tentang percepatan vaksinasi dosis lanjutan (Booster) bagi masyarakat.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun menyatakan akan segera menandatangani SE yang ditujukan kepada Bupati dan Walikota se-Kepri untuk menindaklanjuti kedua SE dari pemerintah pusat tersebut.

"Malam ini akan langsung saya tandatangani SE Gubernur untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan tiap Kabupaten Kota. Berlaku per 17 Juli 2022 sesuai SE Satgas Covid-19 Nasional" ungkapnya.

Capaian vaksinasi dosis 3 atau booster di Kepri yang baru mencapai 47,72 persen dengan sisa target 717.954 sasaran yang relevan dengan urgensi SE dari Mendagri menjadi perhatian serius Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Baca juga: Gubernur Kepri Bantu Korban Kecelakaan di Batam saat Jemput Wamen LHK

"Untuk percepatan vaksinasi booster saya berharap kita kembali membuka beberapa sentra vaksinasi di daerah masing-masing. Untuk menarik perhatian masyarakat tentu dengan inovasi masing-masing. Umpamanya menyediakan door prize dengan undian dengan periode tertentu. Silakan berinovasi supaya percepatan booster lebih baik," pesan Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri pun berkomitmen bahwa vaksin untuk booster akan selalu tersedia.

Ia akan selalu berkoordinasi dengan Kemenkes mengenai hal tersebut dan berharap semua kabupaten kota juga dapat berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi.(TribunBatam.id/Endra Kaputra)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved