Breaking News:

BERITA KRIMINAL

Kejari Bintan Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi Pengadaan Lahan TPA Tanjunguban

Penyidik Kejari Bintan menetapkan tiga tersangka korupsi pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA0 Tanjunguban tahun 2018. Siapa saja mereka?

TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora
Kejari Bintan membawa Kepala Dinas Perkim Bintan, Hery Wahyu. Ia menjadi satu dari tiga tersangka korupsi pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjunguban tahun anggaran 2018. 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan akhirnya menetapkan tiga tersangka terkait korupsi pengadaan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) di Tanjunguban, Kabupaten Bintan pada tahun 2018.

Penetapan tiga tersangka kasus korupsi di Bintan ini setelah penyidik Kejari melakukan serangkaian proses pemeriksaan.

Kepala Kejari Bintan, I Wayan Riana menuturkan, tiga orang tersangka diantaranya Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Bintan, Herry Wahyu (HW) periode 2018 serta AS (Ari Syafdiansyah) dan SP (Supriatna) warga Tanjunguban.

Ketiga tersangka memiliki perannya masing-masing.

Seperti tersangka HW selaku Kepala Dinas Perkim Bintan pada tahun 2018 selaku PA kegiatan tidak melaksanakan tugasnya sesuai mekanisme pengadaan lahan TPA.

Sementara tersangka AS dan tersangka SP berperan mencari dan melengkapi dokumen tanah yang dibeli Pemkab Bintan.

Baca juga: Korupsi Insentif Nakes, BKPSDM Bintan Proses Pemecatan dr Zailendra Permana

“Dari peran masing-masing, penyidik akhirnya menetapkan ketiganya sebagai tersangka,” terangnya, Kamis (20/7/2022).

Lanjutnya, selama melakukan penyelidikan hingga ketahap Penyidik an, pihaknya sudah memberikan sebanyak 36 orang saksi serta 3 saksi ahli dari BPKH XII Tanjungpinang, BPKP Kepri dan ahli pengadaan tanah BPN Kepri.

“Jadi ada 36 saksi, dan 3 saksi ahli yang kita periksa dari awal kita melakukan penyelidikan hingga penetapan tersangka pada saat ini,” terangnya.

I Wayan Riana juga memaparkan bahwa, selama proses penyelidikan dari keterangan tersangka AS mengaku dihubungi tersangka HW pada tahun 2016 terkait rencana pengadaan lahan TPA di Tanjunguban.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved