Breaking News:

INFO CUACA

Waspada Potensi Cuaca Buruk di Natuna, BMKG Ranai Keluarkan Peringatan Dini

Prakirawan BMKG Ranai, Asrul Saparuddin mengatakan, potensi cuaca buruk di Natuna dapat terjadi hingga seminggu ke depan. Warga diminta waspada

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Langit Natuna tampak mendung. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai keluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca buruk yang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau sepekan ke depan 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca buruk yang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Prakirawan BMKG Ranai, Asrul Saparuddin mengatakan, cuaca buruk di Natuna dapat terjadi hingga seminggu ke depan.

Ia menjelaskan, potensi cuaca buruk ini disebabkan adanya pertumbuhan awan Comulonimbus atau awan tebal dan gelap yang menjulang tinggi di langit Natuna.

"Biasanya akibat awan ini berpotensi terjadi hujan lebat, guntur disertai kilat dan petir, puting beliung, angin kencang yang dapat menimbulkan gelombang laut tinggi secara tiba-tiba," kata Asrul melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, potensi cuaca buruk ini dapat terjadi di darat maupun di laut yang berlangsung hingga seminggu ke depan.

Di sisi lain, pihaknya memprakirakan kondisi cuaca esok hari berpotensi berawan dan hujan lokal dengan intensitas ringan hingga lebat pada pagi, siang dan sore hari.

Baca juga: Cuaca Batam Hari Ini Diprediksi Hujan Ringan, Simak Cuaca di Kepri Lainnya

Sementara itu, untuk seminggu ke depan diprakirakan kondisi cuaca juga cendrung berpotensi hujan pada siang dan sore dengan intensitas hujan ringan hingga lebat, arah angin lebih variabel, dengan kecepatan angin berkisar 0,8km/jam hingga 30km/jam.

"Untuk kondisi gelombang laut seminggu ke depan berkategori rendah hingga sedang sekitar 1,25 meter hingga 2,5 meter, dapat terjadi di wilayah Laut Natuna Utara dan Laut Natuna. Sedangkan untuk suhu udara diprakirakan masih normal berkisar 24 Celcius-32 Celcius," jelasnya.

Hal tersebut dipengaruhi karena adanya daerah siklonal (daerah bertekanan rendah di wilayah perairan Natuna), adanya belokan angin dan pengaruh lokal tofografi wilayah Natuna yang lebih luas lautan dari pada daratannya, sehingga potensi pertumbuhan awan-awan hujan cukup banyak terjadi.

Baca juga: Cuaca Anambas Sepekan ke Depan, BMKG Prediksi Berawan Namun Tetap Berpotensi Hujan

"Untuk itu kami mengimbau masyarakat selalu waspada karena potensi cuaca buruk baik di darat maupun di laut yang disebabkan awan Comulonimbus berpotensi terjadi seminggu ke depan," imbuhnya.

Ia meminta masyarakat selalu mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas dan mawasdiri terhadap perubahan cuaca buruk. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved