Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Pembina APSI Kepri Dewi Kumalasari Minta Pengawas Sekolah Miliki Kemampuan 4C

Ketua APSI Kepri Dewi Kumalasari sebut pengawas sekolah sebagai salah satu komponen dalam dunia pendidikan, memiliki posisi strategis

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Adpim Pemprov Kepri/Tribun
Pembina Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dewi Kumalasari saat membuka kegiatan Musyawarah Provinsi (MUSPROV) APSI ke-4 tahun 2022 di SMK N 2, Tanjungpinang, Rabu (20/7/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pembina Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dewi Kumalasari ingin pengawas sekolah memiliki kemampuan 4C.

Kemampuan 4C tersebut meliputi, Communication competence (kemampuan komunikasi), Critical thinking (berpikir kritis), Creativity (memiliki kreativitas), dan Collaboration (mampu kolaborasi dan bekerja sama).

"Sehingga kemampuan 4C ini dapat menjadi teladan untuk para PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan para peserta didik," katanya saat membuka kegiatan Musyawarah Provinsi (MUSPROV) APSI ke-4 tahun 2022 di SMKN 2 Tanjungpinang, Rabu (20/7/2022).

Ia menjelaskan, pengawas sekolah sebagai salah satu komponen dalam dunia pendidikan yang memiliki posisi strategis.

Sebab, pengawas sekolah/madrasah mendapatkan peran melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawal terselenggaranya pendidikan yang bermutu dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional.

"Hal tersebut yang menjadi dasar terbentuknya APSI. Dalam meningkatkan profesionalitas pengawas dengan merapatkan barisan, mempersatukan derap langkah dan bergerak maju bersama-sama menjadi pengawas yang profesional," kata Dewi.

Baca juga: Ketua Komisi Informasi Pusat Minta Pemprov Kepri Tingkatkan Layanan Informasi Publik

Selanjutnya, Dewi juga mengatakan APSI sebagai organisasi profesi yang merupakan mitra dari pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, terkhususnya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"APSI Provinsi Kepulauan Riau menjadi mitra pemerintah provinsi khususnya Dinas Pendidikan untuk memajukan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau," imbuh Dewi yang juga Ketua TP-PKK Provinsi Kepri.

"Saya berharap semoga APSI selalu menjadi wadah aspirasi bagi pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan dapat selalu membantu, berbagai ilmu menjadi bermanfaat untuk dunia pendidikan dan masyarakat, sehingga dapat membudayakan dalam berbagai kolaborasi membangun sinergi memajukan pendidikan negeri khusunya di Provinsi Kepri,"tambahnya.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved