Breaking News:

BATAM TERKINI

Rapat Paripurna DPRD Batam Batal Digelar Hari Ini, Banyak Wakil Rakyat Absen

Sempat diskors dua kali, rapat paripurna DPRD Batam dengan tiga agenda batal digelar Kamis (21/7) lantaran banyak wakil rakyat tak hadir

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Ichwan Nur Fadilllah
Suasana rapat paripurna DPRD Batam, Kamis (21/7/2022). Rapat dibatalkan karena banyak wakil rakyat absen. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rapat Paripurna DPRD Batam batal digelar hari ini, Kamis (21/7/2022).

Berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Batam, rapat dibatalkan karena hanya dihadiri oleh 29 dari 50 orang anggota dewan (wakil rakyat) atau tidak memenuhi kuorum.

Akibatnya, Wakil Ketua II DPRD Batam, Yunus Muda, selaku pimpinan rapat pun meminta Badan Musyawarah (Banmus) untuk menjadwalkan ulang agenda tersebut.

"Dengan demikian, rapat paripurna kali ini tidak dapat dilanjutkan karena tidak memenuhi kuorum," tegasnya sekaligus menutup rapat.

Seharusnya, rapat paripurna pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) serta pengambilan keputusan sendiri mesti dihadiri 2/3 seluruh anggota DPRD Batam.

Artinya, sebanyak 34 orang anggota dewan harus hadir agar kuorum terpenuhi.

Namun, kondisi ini tak terwujud hingga rapat ditutup pada pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Korban Kaveling Bodong PT PMB Datangi Gedung DPRD Batam, Ini Tuntutan Mereka

Diketahui, ada tiga agenda utama yang mestinya dibahas pada rapat paripurna Kamis ini.

Pertama, laporan Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Ranperda Perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Batam sekaligus Pengambilan Keputusan.

Lalu, laporan Pansus Pembahasan Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah sekaligus Pengambilan Keputusan. Terakhir, Laporan Pansus Pembahasan Ranperda Perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kota Batam pada Beberapa BUMD sekaligus Pengambilan Keputusan.

Pantauan Tribun Batam di lokasi, rapat sempat diskors sebanyak dua kali (skors pertama 15 menit dan skors kedua 10 menit), setelah dibuka oleh Yunus Muda sekira pukul 11.00 WIB.

Semula, pembukaan rapat dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.

"Ada 29 orang yang hadir, dan yang tidak hadir (absen) sebanyak 21 orang," ujar Sekretaris DPRD Batam, Aspawi, dalam laporannya. (tribunbatam.id/ichwannurfadillah)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved