Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Imigrasi Karimun Undang Ratusan Warga Asing, Aturan Izin Tinggal Berubah

Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun mengungkap aturan baru izin tinggal warga asing di Indonesia dengan mengundang ratusan warga asing di sana.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id
Pemohon melakukan perekaman paspor di Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Jumat (18/1/2019). Imigrasi Karimun mengundang sedikitnya 300 warga asing untuk memperkenalkan aturan baru izin tinggal di Indonesia. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun mengundang ratusan warga asing, Senin (25/7/2022).

Sedikitnya 300 warga asing yang tinggal di Karimun menghadiri kegiatan Imigrasi itu.

Kedatangan ratusan warga asing di Karimun itu bertujuan untuk menyampaikan aturan terbaru tentang keimigrasian.

Khususnya mengenai aturan izin tinggal.

"Saat ini sekitar 300 orang asing tinggal di Karimun, untuk itu sosialisai ini penting terkait aturan terbaru kepada penjamin WNA atau TKA tentang izin tinggal," ujar Lutfi, Senin (25/7/2022).

Sebelumnya tentang perpanjangan izin tinggal yang semula bisa dilakukan sebanyak empat kali dengan durasi waktu 30 hari untuk sekali perpanjangan.

Baca juga: Kantor Imigrasi Karimun Mulai Layani Pembuatan Paspor, Kuota Dibatasi, Ini Aturan Mainnya

Imigrasi Karimun undang 300 warga asing
Sosialisasi Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun terkait aturan izin tinggal di Indonesia warga asing. Mereka mengundang sedikitnya 300 warga asing yang tinggal di sana.

Aturan terbaru, perpanjangan izin tinggal hanya bisa dilakukan sebanyak dua kali dengan durasi waktu sekali perpanjangan selama 60 hari.

Adapun izin tinggal keimigrasian yang dapat dimiliki orang asing terdiri dari Izin Tinggal Kunjungan (ITK), Izin Tinggal Terbatas (Itas), dan Izin Tinggal Tetap (Itap).

Hal tersebut sesuai dengan keimigrasian yang menyangkut izin tinggal termasuk jenis tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tercantum dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 36 Tahun 2021 dan Peraturan Menkeu nomor 9/PMK.02/2022.

"Biaya PNBP perpanjangan izin tinggal juga berubah, dari yang semula Rp 500 ribu saat ini menjadi Rp 2 juta berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9 yang terbaru," ujarnya.

Baca juga: Kantor Imigrasi Karimun Mulai Buka Layanan Pengurusan Paspor, Pemohon Wajib Pakai Masker!

Dengan sosialisasi tersebut, Lutfi berharap penjamin WNA dapat lebih memahami kebijakan terbaru tentang izin tinggal di Karimun.

"Melalui sosialisai ini diharapkan pelanggaran keimigrasian yang menyangkut orang asing bisa diminimalisir," ujarnya.

Dalam sosialisasi ini turut hadir penjamin WNA dari sektor perusahaan, jasa serta pemangku kepentingan terkait tenaga kerja asing (TKA).(TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved