Breaking News:

Pemkab Karimun

Antisipasi Banjir, Pemkab Karimun Akan Normalisasi Saluran Air di Sejumlah Titik

Kabid Dinas PUPR Karimun Andykhatria sebut, normalisasi saluran air dilakukan agar fungsi penyerapan air bisa lebih maksimal untuk mencegah banjir

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meninjau saluran air yang akan dinormalisasi, di daerah yang sempat terendam banjir Juni lalu, belum lama ini 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Karimun akan melakukan normalisasi di wilayah rawan banjir di Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Karimun Andykhatria mengatakan, normalisasi dilakukan agar fungsi penyerapan air bisa lebih maksimal untuk mencegah banjir saat hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami akan melebarkan saluran air di dua lokasi agar aliran air semakin baik dan nantinya bisa mengurangi kemungkinan banjir terjadi," ujar Andykhatria, Selasa (26/7/2022).

Adapun sasaran lokasi yang akan dinormalisasi yakni saluran air di RW 02 Sungai Lakam Barat dan RW 03 Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun.

Andykhatria menjelaskan, bahwa daerah Kecamatan Karimun kondisinya secara topografi cekung dan tergolong rawan terjadinya banjir.

Sehingga, daerah tersebut selalu menampung air dari daerah lain yang posisinya berada di atas hingga menjadi daerah rawan banjir.

Baca juga: Wakil Bupati Anwar Hasyim Pimpin Rakor Persiapan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Karimun

"Sesuai topografi daerah cekung jadi tempat penampungan air, ditambah jika pemukiman warga di sana tidak beraturan, maka konsekuensinya rawan banjir karena ada kiriman air dari atas," ujarnya.

Dengan begitu, Dinas PUPR Karimun akan terus melakukan peninjauan saluran air di titik-titik lainnya di Pulau Karimun Besar yang tergolong rawan banjir.

Hal ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Karimun untuk mencegah terjadinya banjir ketika hujan dengan intensitas tinggi.

Adapun rencana normalisasi tersebut nantinya akan dianggarkan oleh Dinas PUPR Karimun pada APBD Perubahan tahun 2022.

"Insha Allah APBD Perubahan ini paling cepat kami anggarkan. Semoga semuanya bisa terealisasi," tutupnya.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq didampingi Kepala Dinas PUPR Karimun turut meninjau lokasi saluran air yang akan dinormalisasi di sejumlah titik di Kecamatan Karimun.

Sebelumnya, Kecamatan Karimun sempat terendam banjir saat hujan intensitas tinggi pada Juni 2022 lalu. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved