Breaking News:

JASA RAHARJA KEPRI

Jasa Raharja Kepri Turut Sosialisasikan Kebijakan Pajak Daerah Provinsi Kepri

Jasa Raharja Kepri bersama Ditlantas dan Bapenda melakukan sosialisasi terkait kebijakan pajak daerah dan manfaatnya kepada masyarakat di Kepri

ist
Tim Pembina Samsat Provinsi Kepri yang terdiri dari tiga instansi yakni Ditlantas Polda Kepri, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kepri, dan Jasa Raharja Cabang Kepri melakukan sosialisasi di Kantor Camat Lubuk Baja, Kota Batam, pada Rabu, 20 Juli 2022 

BATAM, TRIBUNBATAM.id – Tim Pembina Samsat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali melakukan sosialisasi ke sejumlah Kecamatan di Kota Batam dalam rangkaian Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Tim Pembina Samsat Provinsi Kepri yang terdiri dari tiga instansi yakni Ditlantas Polda Kepri, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kepri, dan Jasa Raharja Cabang Kepri pada kesempatan Rabu, 20 Juli 2022 melakukan sosialisasi di Kantor Camat Lubuk Baja, Batam.

Ditlantas Polda Kepri yang diwakili oleh Ipda Linanda memberikan penyuluhan tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan pentingnya balik nama kendaraan bermotor sesuai dengan kepemilikan kendaraan yang sebenarnya.

Dari pihak Bapenda Provinsi Kepri diwakili oleh Eka Kodya Putra, menyampaikan pentingnya masyarakat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan bagaimana kontribusinya terhadap pembangunan di Provinsi Kepri. Disampaikan juga terkait adanya program Diskon Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor atau masyarakat sering kenal dengan program pemutihan.

Program ini telah berlangsung dari tanggal 1 Juli 2022 hingga 31 Agustus 2022 untuk tahap pertama, dan tanggal 20 September sampai dengan 30 November 2022 untuk tahap kedua.

Pada kesempatan ini, Jasa Raharja Cabang Kepri yang diwakili oleh Pangihutan Sitorus juga turut menyampaikan peran dan fungsi Jasa Raharja sebagai bagian Tim Pembina Samsat Provinsi Kepri dan juga penjamin bagi para korban kecelakaan penumpang umum maupun kecelakaan lalu lintas jalan.

Baca juga: Masih Ada Waktu, Begini Cara dan Syarat Ikut Pemutihan Pajak Kendaraan di Kepri

“Dalam tugas kami di Kantor Bersama SAMSAT, kami juga turut melakukan pengutipan premi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ yang besarannya bisa dilihat pada bagian tanda bukti pelunasan di bagian belakang STNK. Jadi setiap pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT, sudah termasuk melakukan pembayaran SWDKLLJ. Dana SWDKLLJ tersebut nantinya kami kelola untuk dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk santunan,” jelas Pangihutan Sitorus.

Jasa Raharja sebagai pelaksana Undang-undang No. 34 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan memiliki tugas untuk menjamin setiap korban kecelakaan lalu lintas jalan dengan memberikan santunan yang besarannya ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan.

Dengan dasar hukum tersebut, Jasa Raharja ditunjuk untuk melaksanakan pengutipan SWDKLLJ di KB Samsat dan mengelola dana tersebut untuk kepentingan jaminan dan perlindungan bagi para korban kecelakaan lalu lintas jalan

Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau dapat segera memanfaatkan program Diskon Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2022 dengan mendatangi langsung kantor Samsat terdekat atau melalui aplikasi E-Samsat Kepri yang dapat diunduh melalui PlayStore di sistem operasi Android. (*)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved