Breaking News:

Bank Indonesia Kepri

Kendalikan Inflasi, TPID Batam Gelar Operasi Pasar

Tim Pengendalian Inflasi DaerahKota Batam gelar operasi pasar di Pasar Aviari dan Pasar Sagulung selama tiga hari yakni Senin 25 - 27 Juli 2022

ist
Foto operasi pasar murah TPID bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kepri. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam gelar operasi pasar di Pasar Aviari dan Pasar Sagulung selama tiga hari yakni Senin 25 sampai dengan 27 Juli 2022 khususnya untuk komoditas utama penyumbang inflasi bahan pangan (volatile food) yaitu cabai merah, dan telur ayam ras yang harganya mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya TPID dalam rangka pengendalian inflasi khususnya inflasi volatile food.

Operasi pasar yang dilakukan juga diharapkan dapat mendorong efisiensi rantai distribusi sehingga dapat membantu masyarakat memperoleh aneka cabai dan telur ayam ras dengan harga lebih terjangkau.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri Musni Hardi K. Atmaja, mengatakan Bank Indonesia dan instansi terkait lainnya yang tergabung dalam TPID Kota Batam juga terus mendorong perluasan lahan produksi bahan pangan khususnya cabai merah.

Melalui sinergi antar anggota TPID termasuk Bank Indonesia, dalam waktu dekat di Kota Batam akan melakukan perluasan lahan aneka cabai, seluas 11,5 Hektare yang tersebar di Sembulang, Rempang Cate, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Jadi Makmur.

Selain itu, TPID melakukan pembinaan kepada kelompok petani lokal di Batam diantaranya di Pulau Setokok, Sembulang, Rempang Cate, Nongsa dan Tembesi.

"Program pembinaan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi melalui penerapan teknik budidaya yang lebih baik, penguatan kelembagaan melalui pembentukan koperasi dan pendampingan akses pembiayaan bagi petani,"kata Musni.

Musni, menjelaskan dukungan juga diberikan dalam bentuk pemberian bantuan alat produksi seperti traktor, rumah bibit, dan pelatihan.

Melalui program tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan bahan pangan yang berkesinambungan di Kota Batam."Di samping itu, koperasi yang dibina juga dapat diajak berkolaborasi oleh TPID Kota Batam untuk melakukan upaya stabilisasi harga, seperti Operasi Pasar yang kita lakukan saat ini," kata Musni.

Musni, mengatakan dengan rantai distribusi dari produsen ke konsumen akhir yang lebih efisien, maka harga dalam operasi pasar dapat lebih rendah dibandingkan harga di dalam pasar, sehingga masyarakat mendapatkan cabai dan telur dengan harga yang lebih terjangkau.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved