Breaking News:

Semua Hal tentang Vaksin Dosis Keempat, Mulai Jumat 29 Juli, Sasaran hingga Jarak Booster 1 dan 2

Dimulai hari ini, Jumat 29 Juli 2022, pemerintah mulai melakukan program vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua yang fokus pada nakes

Orlando SIERRA / AFP
Ilustrasi vaksin Covid - Dimulai hari ini, Jumat 29 Juli 2022, pemerintah mulai melakukan program vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua yang fokus pada nakes 

TRIBUNBATAM.id - Dimulai hari ini, Jumat 29 Juli 2022, pemerintah melakukan program vaksinasi Covid-19 dosis keempat.

Pemberian booster kedua ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C.3615/2022 Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) pada, Kamis (28/7/2022).

Pemerintah mengatakan, mereka yang menjadi target vaksinasi dosis keempat adalah yang berisiko tinggi.

Kategori berisiko tinggi di sini adalah lansia, imunocompromise atau orang yang memiliki masalah sistem imun dan pelayan publik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis keempat.

Sasar 4 Juta Nakes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menuturkan, sebanyak 4 juta tenaga kesehatan (nakes) di seluruh Indonesia akan mendapatkan vaksinasi dosis keempat.

Mengacu pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-3 bagi SDM Kesehatan yang diterbitkan Kemenkes pada 28 Juli 2022, vaksinasi dosis keempat diberikan selang 6 bulan dari penerimaan vaksinasi dosis ketiga.

Baca juga: Polisi Berjalan Kaki Susuri Pasar di Batu Aji Batam, Ingatkan Warga Segera Vaksin

Baca juga: INFO Lokasi Vaksin Booster di Kota Tanjungpinang, Rabu 27 Juli 2022

"Pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 tersebut diberikan dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama," tulis surat tersebut.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, jarak interval tersebut sebagaimana rekomendasi studi mengenai efektivitas vaksinasi yang sudah dilakukan.

"Menurut studi tingkat imunitas mulai menurun 6 bulan pasca vaksinasi. Bahkan untuk lansia bisa lebih cepat menurun," terangnya, dilansir dari Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

"Maka dari itu booster tetap diperlukan untuk menjaga kekebalan individu dan herd immunity tetap terjaga selama pandemi masih ada," tambah dia.

Adapun pelaksanaan vaksinasi dosis keempat akan berlangsung hari ini Jumat (29/7/2022).

Belum untuk Masyarakat Umum 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved