Breaking News:

BSDC SMK Negeri 1 Batam Jalin Kerja sama dengan Mercy Corp Indonesia (MCI)

Batam Skill Dvelopment Centre (BSDC) SMK Negeri 1 Batam menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan Mercy Corp Indonesia (MCI) Jumat (29/7).

Penulis: Aminudin | Editor: Septyan Mulia Rohman
ist
Penandatanganan nota kesepahaman antara Batam Skill Development Centre (BSDC) SMK Negeri 1 Batam dengan Mercy Corp Indonesia (MCI), Jumat (29/7/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Batam Skill Development Centre (BSDC) SMK Negeri 1 Batam menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan Mercy Corp Indonesia (MCI), Jumat (29/7/2022).

Penandatangan kerja sama (MoU) antara BSDC SMKN 1 Batam dengan Mercy Group Indonesia tersebut terkait diklat kompetensi bagi alumni sekolah menengah kejuruan (SMK) dan pekerja mikro kecil menengah.

Hal ini sesuai misi Mercy Corp Indonesia selaku organisasi non profit internasional yang bergerak di bidak pemberdeyaan masyarakat, khususnya untuk BSDC SMKN 1 Batam.

Manager BSDC SMKN 1 Batam, Ilson Putra mengatakan, sesuai tajuk MoU, kerjasama menyasar pada pengembangan kompetisi bagi segenap alumni SMK dan para pekerja mikro kecil di Kota Batam.

"Diklat kompetensi lisensi dalam MoU dengan Mercy Corp Indonesia diikuti lebih kurang 100 orang,"katanya kepada TribunBatam.id.

Baca juga: Siswa SMKN 1 Batam Menangkan Lomba Esai Nasional Universitas Terbuka

Rinciannya, 20 orang peserta berasal dari alumni sekolah kejuruan dan 80 orang dari pekerja mikro kecil di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Nantinya, para peserta diklat akan dibekali sejumlah keahlian dan pengetahuan yang akan sangat berguna di dunia lapangan kerja.

Diklat sendiri akan berlangsung selama 3 kali pertemuan dengan durasi 24 jam. Program mulai digelar pada Sabtu (30/7/2022).

Diklat kompetensi nantinya akan menyasar 40 orang untuk melanjutkan ke jenjang tahap sertifikasi keahlian. Sertifikasi ini yang akan sangat berguna untuk diaplikasikan di dunia kerja insutrial.

"Dari 100 perserta diklat, nanti akan ada yang kita rekomendasikan untuk melanjutkan ke proses sertifikasi keahlian, lebih kurang 40 orang,"ucapnya.

Jenis pelatihan dan pendidikan yang diajarkan beragam. Mulai dari mekanika dengan fitur-fitur teknologi terbaru.

Baca juga: SMKN 1 Batam Jalankan Pola Pengelolaan Keuangan Sebagai Badan Layanan Umum Daerah

Para peserta nantinya akan membuat rancang kerja (proyek) dan manajemen kewirausahaan. BSDC menyediakan wokrshop yang ditunjang fasilitas memadai untuk mendukung segala jenis kegiatan pelatihan.

Ilson Putra berharap, jalinan kerjasama antara BSDC dengan Mercy Corp Indonesia dapat menghasilkan tenaga handal dan terampil berpengalaman di bidang teknologi industri.

"Kita berharap minimal dari 100 an peserta ini, terutama dari pekerja UMKM dapat mengaplikasikan materi pelatihan di dunia kerja,"kata Ilson.(TribunBatam.id/AMINUDDIN)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved