Breaking News:

ITEBA Lantik Prof Hairul Abral sebagai Rektor Baru Periode 2022-2026

Institut Teknologi Batam (ITEBA) yang berlokasi di kawasan Vitka, Sekupang, Batam, telah melantik rektor baru untuk periode tahun 2022-2026

ist
Prosesi pelantikan rektor baru ITEBA, Hairul Abral, di Auditorium Yayasan Vitka, Sekupang, Batam, Senin (8/8/2022). 

TRIBUNBATAM.id, Batam - Institut Teknologi Batam (ITEBA) yang berlokasi di kawasan Vitka, Sekupang, Batam, telah melantik rektor baru untuk periode tahun 2022-2026, pada Senin (8/8/2022).

Kini, posisi Rektor ITEBA diisi oleh Prof. Dr. Ing. Ir. H. Hairul Abral, yang juga merupakan Guru Besar Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas, Sumatera Barat. Sebelumnya, rektor ITEBA dijabat oleh Dr. Ing. Moch. Sukrisno Mardiyanto, DEA, Dipl.Ing.

Sosok Hairul Abral memang sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan tinggi. Tulisan-tulisan ilmiahnya banyak dibaca dan menjadi rujukan bagi ilmuwan-limuwan atau akademisi, khususnya di bidang teknik.

Bahkan, namanya pernah masuk ke dalam daftar "Top 2 persen World Ranking Scientist 2021", yakni daftar tokoh-tokoh ilmuwan Indonesia yang karyanya paling berpengaruh di dunia.

Menjabat sebagai Rektor ITEBA kini, Hairul Abral berkomitmen menjadikan ITEBA sebagai institut di bidang teknologi yang berdaya saing hingga tingkat internasional, sesuai dengan visi misinya.

"Kami berkomitmen untuk memajukan ITEBA menjadi institut pendidikan tinggi yang terkemuka se-Asia Pasifik. Kami berharap ITEBA bisa bersaing dengan kampus-kampus internasional, seperti Nanyang University atau Seoul University," harap Hairul.

Selama masa awal jabatannya ini, Hairul menyatakan akan menyusun beragam program kerja. Salah satu misi utamanya saat ini, adalah untuk meningkatkan akreditasi kampus, serta menjadikan ITEBA lebih dikenal masyarakat, baik nasional maupun internasional.

Untuk jangka panjang, ia menargetkan ITEBA dapat menjadi "world class university". Pihaknya berkomitmen akan menjalankan amanah tersebut dengan semaksimal mungkin.

"Kedatangan saya ke sini, ingin memberikan yang terbaik bagi ITEBA selama empat tahun ini. Semoga bisa menjadi amal ibadah bagi saya," tambah pria yang pernah berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan universitas di Jerman ini.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Vitka, Asman Abnur, mengungkapkan, ITEBA merupakan kampus yang masih seumur jagung, yakni baru dibuka sejak empat tahun yang lalu. Di sebelahnya, terdapat kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) yang usianya delapan tahun.

Meski demikian, institusi pendidikan di kawasan Vitka ini terus berupaya menghadirkan produk pendidikan yang terbaik bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), agar dapat bersaing di kancah dunia.

"Kita harus membangun SDM, saya tekadkan ITEBA dan BTP juga bisa setara dengan negara tetangga. Saya harap rektor baru ITEBA, pak Hairul Abral, dapat menjalankan tugas ini dengan baik," ujar Asman dalam sambutannya.

Pelantikan Hairul Abral sebagai rektor baru ITEBA ini dipandu langsung oleh Ketua Pembina Yayasan Vitka, Asman Abnur, dan disaksikan oleh para tamu undangan, berupa jajaran rektor perguruan tinggi se-Kepri, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Acara pelantikan ini pun dilanjutkan dengan penandatanganan nota kerjasama antara BTP dengan Politeknik Negeri Padang, dan Universitas Dharma Andalas Padang. (hsu)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved