Breaking News:

BATAM TERKINI

Pengajian MT Alhidayah Sambut 1 Muharam 1444 Dengan Dzikir Bersama di Musahala Al Hidayah

Tahun Baru Islam atau disebut juga 1 Muharram adalah peringatan penting bagi umat Muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke

Editor: Eko Setiawan
Istimewa
pengajian MT alhidayah lakukan Dzikir bersama di Musahala Al Hidayah, Tiban 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dalam menyambut 1 muharam, Musahala Al Hidayah Bougenville yang terletak di Komplek GPI, Tiban melakukan Dzikir bersama.

Berzikir bersama ini dihadiri oleh ustadz Fariddudin dan juga Taklim Ilmu tasawuf serta Ibu-ibu pengajian MT Alhidayah.

Ibu-ibu yang tergabung dalam pengajian MT Alhidayah tersebut merasa senang, apalagi kegiatan menyambut 1 Muharam ini diisi dengan kegiatan bermanfaat.

Seperti yang disampaikan oleh Haji Kurniwan Aweng, menurutnya Berzikir bersama ini sebagai bentuk mereka memperingati dan menyambut bulan Muharam.

"Alhamdulilah yang datang sekitar 200 orang, ini membuktikan kalau kita mencintai dan mensyukuri kedatangan bulan Muharam," sebutnya.

Para peserta yang ikut dalam Zikir bersama ini terlihat sangat khusuk dan menghayati semua proses pengajian dan zikir bersama.

Bahkan mereka mengaku tenang setelah mengikuti pengajian tersebut.

Tahun Baru Islam atau disebut juga 1 Muharram adalah peringatan penting bagi umat Muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Tanggal 1 Muharram ini bagi masyarakat Jawa juga dikenal sebagai malam 1 Suro. Merujuk Kementerian Agama, kali ini Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H jatuh pada 30 Juli 2022

Bulan Muharam memiliki sejumlah arti dan keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Adapun arti peringatan 1 Muharram di antaranya sebagai berikut:

Muharram termasuk bulan haram

Bulan Muharram merupakan salah satu di antara empat bulan yang dinamakan bulan haram. Bulan haram sendiri tercantum di surat At Taubah ayat 36 yang berbunyi,

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan Bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu."

Selain itu menurut Al Qodhi Abu Ya'la Ahimahullah menyebutkan ada dua makna bulan haram. Pertama, bulan tersebut diharamkan untuk berbuat buruk maupun kerusakan.

Kedua, larangan berbuat buruk ditekankan karena bulan ini suci dan istimewa, lebih baik dari bulan lainnya. Sedangkan bagi yang mengamalkan ketaatan akan berbalas pahala.

Muharram disebut Bulan Allah

1 Muharram disebut juga dengan Bulan Allah. Pada bulan suci ini umat Muslim dianjurkan memperbanyak puasa di bulan Muharram, salah satunya puasa sunah Tasu'a pada Muharram dan Asyura pada 10 Muharram.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved