Breaking News:

BINTAN BANGKIT

133 Penyair Malaysia Akan Tampil di Festival Sastra Internasional Gunung Bintan

Dari 350 penyair yang akan tampil di Festival Sastra Internasional Gunung Bintan, 133 di antaranya berasal dari Malaysia

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Bintan
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat audiensi dengan panitia festival sastra di Kantor Bupati Bintan, Selasa (9/8/2022) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Sebanyak 350 penyair akan tampil dalam Festival Sastra Internasional Gunung Bintan yang akan dilaksanakan 24-26 September 2022 mendatang di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menuturkan, Pemerintah Kabupaten Bintan sangat mendukung kegiatan festival ini.

Menurutnya, berbagai persiapan terus digesa agar hajatan akbar yang mendatangkan seniman dari negara tetangga Malaysia itu bisa berlangsung sukses di Bintan.

"Saya berharap agar pagelaran internasional itu bisa mengangkat nilai budaya Bintan agar lebih dikenal," terangnya, Selasa (9/8/2022).

Ia melanjutkan, festival ini nantinya diharapkan bisa mengangkat budaya dan sejarah Bintan agar kembali muncul ke permukaan.

Baca juga: Belum Selesai Dikerjakan, Jalan Lintas Timur Bintan sudah Rusak di Sejumlah Titik

Tidak hanya dikenal oleh generasi muda Bintan sendiri, akan tetapi menjadi daya tarik bagi siapa pun.

"Jadi selain pariwisata, Bintan punya segudang budaya dan sejarah yang menjadi ikon tersendiri bagi Bintan," ungkapnya.

Roby juga menjelaskan, dari 350 penyair yang akan mengikuti festival ini, 133 penyair di antaranya merupakan peserta dari Malaysia (Kelantan, Sabah, Serawak).

"Sedangkan selebihnya dari 20 kota di luar Kepri, yakni Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi," jelasnya.

Roby menambahkan, seluruh peserta nantinya akan dibebaskan untuk berkeliling di Kecamatan Bintan Timur.

"Salah satunya untuk melihat kondisi Kijang Kota pasca pertambangan, hingga akhirnya dimuat dalam syair, puisi, madah dan hikayat," ucapnya.

Sementara itu, Sastrawan dan Budayawan Melayu Datok Rida K Liamsi yang menjadi salah satu pelopor festival mengungkapkan, bahwa Bintan merupakan salah satu lokasi tertua peradaban di Kepri.

"Seluruh masyarakat dipersilakan untuk menyaksikan penampilan para penyair ternama ini. Kegiatan akan diselingi dengan penampilan budaya yang semuanya terpusat di Lapangan Relief Antam Kijang," tutupnya. (tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved