Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Pemkab Anambas Gelar Rakor Bentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Daerah

Rapat koordinasi pembentukan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) di Anambas ini digelar untuk menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Foto Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Anambas Herianto. Ia mengatakan, rapat koordinasi yang digelar pihaknya merupakan tindak lanjut Pemerintah Daerah Anambas dalam menanggapi surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar rapat koordinasi pembentukan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) untuk wilayah setempat.

Rapat dari tindak lanjut Surat Edaran Mendagri itu, dilaksanakan di ruang rapat lantai 2, Kantor Bupati Anambas, Selasa (9/8/2022).

Dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Herianto, rapat itu turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan OPD, Basarnas, Baznas dan Ormas yang ada di lingkungan pemerintahan Anambas.

Herianto mengatakan, rapat koordinasi itu merupakan tindak lanjut Pemerintah Daerah Anambas dalam menanggapi surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor :360/1809/BAK per tanggal 04 April 2022.

"Jadi surat ini meminta kepada kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat meningkatkan respon dalam memberikan pelayanan penanggulangan bencana kepada masyarakat, khususnya dalam situasi darurat," ucapnya seusai rapat.

Dalam rapat itu, ia telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Anambas untuk menyurati sejumlah OPD, agar nantinya mengirimkan data nama-nama sebagai anggota pengurus TCR-PB.

Baca juga: Sekda Anambas Dampingi Wagub Kepri Buka Pelatihan Tata Boga, Ini Harapannya

"Ya sudah saya perintahkan, nanti BPBD tinggal surati beberapa OPD untuk ditetapkan nama-nama keanggotaannya," jelasnya.

Ia mengatakan, pengurus tim reaksi cepat Kabupaten Kepulauan Anambas nantinya akan berjumlah sebanyak 38 orang dan terdiri dari sejumlah OPD terkait.

"Ya untuk itu secepatnya pengurus ini dapat terbentuk dan nantinya di SK-kan oleh Bupati," terangnya.

Guna memastikan kesiapan dan syarat personel tim nantinya, Heri juga meminta kepada pihak BPBD Anambas agar selanjutnya mengadakan pelatihan berbasis penanggulangan bencana.

"Setelah terbentuk nantinya pengurus harus dilatih karena syaratnya kan harus punya sertifikasi. Jadi mereka harus punya skill sebagi tim reaksi cepat sehingga ketika ada musibah atau bahaya mereka siap," papar Heri. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved