Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

32 Pokja Proklim Terima Bantuan, Tanjungpinang Kota dan Timur Proklim Terbanyak

Program Kampung Iklim dibentuk sebagai program untuk mengatasi dampak perubahan iklim khususnya di Kota Tanjungpinang yang saat ini gencar dijalankan.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani
Prokompim
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat menyerahkan bantuan dan sertifikat penghargaan kepada 32 Pokja Proklim. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Program Kampung Iklim (PROKLIM) merupakan program mengatasi dampak perubahan iklim khususnya di Kota Tanjungpinang yang saat ini gencar dijalankan Pemko Tanjungpinang dengan melibatkan masyarakat dan perusahaan.

Saat ini Pemko Tanjungpinang semakin terpacu untuk menyiapkan masyarakatnya agar tangguh dalam menghadapi dampak perubahan iklim dan mampu melakukan upaya mitigasi atau pencegahan meningkatnya emisi gas rumah kaca yang merupakan penyebab perubahan iklim. 

"Pemko Tanjungpinang telah melaksanakan Proklim ini sejak tahun 2017 dan semakin meningkat jumlahnya pada 2021. Mulai dari banjir, kekeringan, longsor penyakit akibat iklim dan kegagalan panen,” ucap Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Kamis (11/8/2022).

Ada sebanyak 32 Pokja Proklim yang mendapat bantuan serta penghargaan, hal ini menjadikan Tanjungpinang sebagai Kota yang memiliki Proklim terbanyak di Provinsi Kepri.

Untuk mengembangkan dan keseriusan terhadap Proklim ini, Pemko juga telah mengeluarkan SK dan Instruksi Wali Kota untuk mensinergikan program atau kegiatan masing-masing OPD di lokasi Kampung Iklim agar terdapat penguatan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di masyarakat.

“Pemko juga memberi bantuan sebagai motivasi atau stimulus agar masyarakat dapat secara swadaya melakukan aksi-aksi nyata di lapangan,” kata Rahma.

Dengan memberikan bantuan berupa barang komposter dan dekomposter untuk 32 Proklim, Rahma juga menyerahkan kaos seragam, papan nama sekretariat untuk Proklim Tingkat RW, serta papan nama imbauan.

Baca juga: BISNIS Perhotelan Masih Menjanjikan, Total Ada 275 Hotel di Batam dan Terus Tumbuh

Pemberian penghargaan apresiasi Proklim Tingkat Kota Tanjungpinang diberikan kepada unsur pendukung proklim dan unsur masyarakat, yang ikut berjasa dan berkontribusi terhadap dampak perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata.

Rahma berharap pokja Proklim semakin semangat dan mampu mengedukasi, mendorong dan memotivasi masyarakatnya untuk melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. 

"Dengan harapan ketangguhan dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi dampak perubahan iklim,” tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved