Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Dinkes Anambas Vidcon Bareng Kemenkes, Komitmen Penuhi Layanan Kesehatan

Dinas Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Hal ini terungkap saat vidcon bersama Kemenkes, Rabu (10/8/2022).

TribunBatam.id/Dokumentasi Pemkab Anambas
Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Anambas mengikuti Sosialisasi enam Pilar Transformasi Kesehatan secara virtual di Media Center, Kantor Bupati Anambas, Rabu (10/8/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas berkomitmen untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinkes PPKB Anambas, Islam Malik saat mengikuti Sosialisasi 6 Pilar Transformasi Kesehatan secara virtual di Media Center, Kantor Bupati Anambas, Rabu (10/8/2022).

Bahkan, Islam Malik mengakui pemenuhan pelayanan kesehatan yang ada, masih sangat memerlukan pembenahan sistem agar dapat menjangkau hak kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah terpencil.

Menurutnya, pembenahan sistem itu masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Bupati Anambas Abdul Haris Sambut Kunjungan GM Telkom Riau Kepulauan

"Yang menjadi tugas kita yaitu segera membenahi sistem pelayanan kesehatan kita, seperti arahan dari bapak Sekjen Kemenkes RI tadi," jelasnya.

Beberapa pembenahan itu, katanya seperti optimalisasi Posyandu sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

Selain itu juga, pemenuhan tenaga kesehatan seperti dokter umum dan dokter spesialis di beberapa kecamatan baru

“Untuk tenaga kesehatan kita masih kekurangan, yang saat ini tengah kita usahakan adalah dokter umum untuk dibeberapa kecamatan yang baru, seperti Kecamatan Jemaja Barat dan juga beberapa dokter spesialis, seperti kandungan dan anestesi,” terangnya.

Dia menyebut, untuk memenuhi kekurangan tersebut, pihaknya memerlukan dukungan dan dorongan dari semua pihak khususnya pemerintah provinsi dan juga pusat.

Baca juga: Mie Tarempa Anambas Kedai Kopi Mak Alang, 24 Tahun Jualan Kuliner Lokal

Meski begitu, pihaknya juga akan melakukan pendekatan dan upaya lobi terlebih dahulu guna tercukupinya tenaga kesehatan di Anambas.

"Semoga kebutuhan akan tenaga kesehatan dan pusat kesehatan di Anambas bisa terpenuhi, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang sakit dirujuk keluar kota," tutupnya.

Adapun dalam Vidcon Kementerian Kesehatan itu membahas dan mensosialisasikan 6 pilar transformasi kesehatan, diantaranya, Transformasi Layanan Primer.

Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan. (TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved