Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Walikota Lepas Kontingen Kwarcab Tanjungpinang Ikuti Jambore Nasional

Walikota Tanjungpinang, Rahma melepas 16 kontingen peserta Jambore ke IX tingkat Nasional yang diselenggarakan di Cibubur, Jakarta Timur.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Walikota Tanjungpinang, Rahma melepas kontingen Tanjungpinang untuk mengikuti Jambore Nasional 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 16 kontingen peserta Jambore ke XI Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur dilepas oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota, Rabu (10/8/2022).

Rencananya, peserta Jambore ini akan berangkat Kamis (11/8/2022) mendatang.

Rahma mengatakan, 16 peserta terpilih setelah melalui seleksi ketat.

"Dengan kesungguhan, usaha dan setelah melewati seleksi yang cukup panjang dan ketat, akhirnya adik-adik berhasil untuk melanjutkan sebagai peserta pada Jambore tingkat Nasional. Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan selamat kepada adik-adik untuk mengukir prestasi di tingkat Nasional,” ungkap Rahma.

Dikatakannya, Jambore Nasional diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka setiap 5 (lima) tahun sekali sebagai salah satu upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

“Tidak semua anggota pramuka bisa mengikuti jambore nasional mengingat pesertanya dibatasi setiap Kwartir Cabang hanya boleh mengirimkan 8 peserta putra dan 8 peserta putri. Selain itu pelaksanaannya tidak dilaksanakan setiap tahun sehingga beruntung sekali adik-adik dan para orangtua yang anaknya lolos seleksi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang untuk mengikuti Jambore Nasional," tambahnya.

Baca juga: CUACA di Batam, 11 Agustus 2022 Didominasi Cuaca Berawan

Jambore Nasional ke XI adalah sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemadirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan yang berBhinneka sebagai manusia berIMTAQ, berIPTEK dan berjiwa Pancasila.

“Jambore Nasional Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka. Peserta Jambore nasional merupakan utusan Pramuka Penggalang seluruh Kabupaten/ Kota yang ada di Indonesia dan utusan Pramuka Indonesia di luar negeri dan Kepanduan dunia. Para peserta akan bertemu dengan teman-teman yang berasal dari berbagai suku dan daerah bahkan berbagai Negara, karena itu jadikan ajang ini sebagai ajang silaturahmi dan perdamaian," lanjutnya.

Terakhir Rahma berpesan untuk menjaga nama baik Kota Tanjungpinang dan fokus mengikuti berbagai kegiatan.

"Jaga nama baik Kota Tanjungpinang, perkenalkan Kota Tanjungpinang di tengah-tengah masyarakat pramuka seluruh Kabupaten/Kota, tampilkan budaya khas Tanjungpinang yang mampu memikat orang lain untuk mengenal lebih jauh untuk mengunjunginya. Selama mengikuti Jambore Nasional terus fokus pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia, sehingga mendapatkan pengalaman yang luar biasa sebagai bekal adik-adik dalam membina karakter menuju cita-cita dimasa depan," pesannya.

Diakhir acara, Rahma menyerahkan kaos seragam dan uang saku kepada peserta. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved