Breaking News:

BERITA KRIMINAL

Buronan KPK Incaran Kejagung Surya Darmadi Bakal Pulang ke Indonesia

Surya Darmadi Bos PT Duta Palma Group yang menjadi buronan KPK sekaligus incaran Kejagung RI rencananya bakal kembali ke Indonesia.

TribunBatam.id via Tribunnews.com/Istimewa
Potret bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi alias Apeng buronan KPK sekaligus incaran Kejagung RI. Kuasa Hukumnya menyebutkan jika ia bakal kembali ke Indonesia untuk memenuhi panggilan penyidik. 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus incaran Kejagung RI, Surya Darmadi memasuki babak baru.

Surya Darmadi, Bos PT Duta Palma Group yang lebih dulu ditetapkan sebagai buronan oleh KPK sekaligus incaran Kejagung RI itu dikabarkan akan kembali ke Indonesia.

Kabar kembalinya Surya Darmadi yang menjadi incaran KPK dan Kejagung ini disampaikan langsung oleh pengacara bos PT Duta Palma Group itu, Juniver Girsang.

Yang bersangkutan rencananya akan datang ke Indonesia untuk memenuhi panggilan pemeriksaan dari Kejagung pada 15 Agustus 2022.

Surya Darmadi menurut kuasa hukumnya, akan tiba sehari sebelum pemeriksaan di Kejagung, atau pada 14 Agustus 2022.

Baca juga: Singapura Bantah Bos Duta Palma Group Surya Darmadi Buronan KPK di Negaranya

Juniver menjelaskan, datangnya Surya ke Indonesia juga membuktikan bahwa kliennya tidak kabur atau melarikan diri.

KPK menetapkan Surya Darmadi sebagai buron pada 2019. Ia terseret kasus suap revisi alih fungsi lahan perhutanan di Riau ke Kementerian Kehutanan.

Kasus tersebut telah menyeret Gubernur Riau saat itu Annas Maamun ke penjara. Pada awal Agustus kemarin, Kejaksaan Agung menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektar di Riau.

Akibat perbuatannya, Kejaksaan menaksir negara mengalami kerugian hingga Rp 78 triliun.

"Bahwa setelah mempertimbangkan saran kami dan setelah berdiskusi dengan keluarga, saudara Surya Darmadi dengan itikad baik memutuskan datang ke Indonesia pada hari Senin, 15 Agustus 2022, sedianya akan tiba di Jakarta," ucap Juniver dalam siaran pers, Sabtu (13/8/2022).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved