Breaking News:

WISATA BATAM

Camp Vietnam Pulau Galang Batam, Lokasi Bersejarah Jadi Destinasi Wisata

Kampung Vietnam atau Camp Vietnam di Pulau Galang, Batam menjadi satu di antara banyaknya destinasi wisata unggulan di Kota Batam, Provinsi Kepri.

TribunBatam.id/Roma Uly Sianturi
Seorang pengunjung saat melihat deretan foto yang pernah menghuni Kampung Vietnam atau Camp Vietnam di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Lokasi ini menjadi saksi bisu kelamnya sejarah yang kini berubah menjadi destinasi wisata. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kampung Vietnam atau Camp Vietnam di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Batam.

Dari namanya kita sudah bisa menebak, jika dulunya lokasi ini menjadi tempat permukiman warga Vietnam di Batam.

Dulunya Camp Vietnam atau Kampung Vietnam di Pulau Galang Batam ini memang ditempati oleh masyarakat asli Vietnam, karena itulah akhirnya diberi nama Kampung Vietnam.

Melansir kebudayaan.kemdikbud.go.id, pada tahun 1979 Pulau Galang dijadikan tempat pengungsian bagi ratusan ribu masyarakat Vietnam.

Pecahnya perang saudara di Vietnam menyebabkan masyarakatnya mengungsi dan melarikan diri.

Mereka mengarungi lautan dan akhirnya sebagian dari mereka mereka terdampar di wilayah Indonesia, salah satunya adalah di Pulau Galang.

Baca juga: Wisata Batam, Kawasan MTC Nongsa Dilengkapi Lintasan Jogging

Warga Batam kunjungi Camp Vietnam
Warga Batam saat mengunjungi Kampung Vietnam atau Camp Vietnam di Pulau Galang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) belum lama ini.

Kala itu Pulau Galang memang tidak berpenghuni dan pemerintah Indonesia pun mengizinkan para pengungsi Vietnam tersebut menetap di pulai itu.

Bahkan, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana, seperti tempat pendidikan, ibadah, tempat tinggal hingga tempat kegiatan ekonomi.

Belasan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1996, semua pengungsi Vietnam yang ada kampung tersebut berangsur pulang ke negaranya.

Hingga akhirnya kampung ini kosong dan kembali tidak berpenghuni.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved