Breaking News:

PT Pertamina Trans Kontinental Latih Ibu-ibu Pesisir di Bidang Marketing

Anak usaha PT Pertamina International Shipping, PT Pertamina Trans Kontinental hadir membantu dan mengembangkan UMKM pesisir di Kota Batam

Penulis: Aminudin | Editor: Agus Tri Harsanto
ist
Anak usaha PT Pertamina International Shipping, PT Pertamina Trans Kontinental hadir membantu dan mengembangkan UMKM pesisir di Kota Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS), PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) hadir membantu dan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pesisir di Kota Batam.

Bantuan tersebut dalam bentu pelatihan marketing dan pemasaran digital kepada sejumlah ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di daerah pesisir.

Pelatihan UMKM di kantor Pertamina Trans Kontinental, Jalan Pelabuhan Kabil, Kota Batam, Jumat (12/8/2022).
Pelatihan UMKM di kantor Pertamina Trans Kontinental, Jalan Pelabuhan Kabil, Kota Batam, Jumat (12/8/2022). (ist)

Pelatihan dilakukan di kantor Pertamina Trans Kontinental, Jalan Pelabuhan Kabil, Kota Batam, Jumat (12/8/2022).

Sejumlah pelaku UMKM pesisir antusias mengikuti tahap demi tahap pelatihan marketing yang dilakukan selama tiga hari.

Mereka sangat tertarik untuk mengetahui lebih dalam pengembangan marketing dan pemasaran digital.

Manajer Marketing Region I PT Pertamina Trans Kontinental Tomo Siagian mengatakan, program pelatihan kepada para pelaku UMKM persisir merupakan visi pertamina untuk mengembangkan usaha masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir.

"Jadi ini merupakan program Pertamina Trans Kontinental dimana salah satu program yang kita lakukan dalam bentuk pemberdayaan ekonomi pesisir,"kata Tomo Siagian kepada Tribunbatam.id.

Di Kota Batam, Pertamina Trans Kontinental sengaja menyasar kaum perempuan pesisir untuk dilatih dunia marketing karena melihat banyak diantara mereka berwira usaha membantu ekonomi keluarga.

"Jadi mereka adalah perempuan-perempuan yang punya talenta dalam membangun bisnis, terutama kuliner. Nah, kita ingin usaha yang mereka sudah jalankan ini lebih berkembang lagi, untuk itulah pelatihan ini diasakan,"katanya.

Usaha kuliner yang dikembangkan para perempuan pesisir tersebut berbagai macam. Mulai kue, minuman, dan snack yang sedang digemari di Kota Batam. Cita rasa produk yang ditawarkan pun khas dan legit. Ada brownies, minuman smoothies, bolu dan banyak lagi.

Adapun materi pelatihan yang diberikan berbagai macam. Mulai dari cara menghitung harga pokok penjualan, cara pengemasan dan penyajian produk, cara menawarkan dan mempromosikan hingga teknik pemasaran memanfaatkan jejaring media sosial dan aplikasi di dunia digital.

Disebutkan Tomo Siagian, program pelatihan kepada ibu-ibu pesisir merupakan kali pertama digelar oleh Pertamina Trans Kontinental di Kota Batam pada 2022.

Pertamina Trans Kontinental akan melakukan monitoring dan evaluasi agar program tersebut terus berjalan.

Tomo Siagian berharap program tersebut dapat memberikan manfaat lebih untuk para pelaku UMKM pesisir Kota Batam terutama membantu membantu taraf ekonomi mereka.

"Kita perusahaan Pertamina Trans Kontinental banyak berkecimpung di dunia kemaritiman, kita ingin usaha tersebut bisa berdampak positif juga kepada masyarakat sekitar sehingga perekonomian dapat tumbuh, harkat dan martabat masyarakat sekitar juga dapat meningkat,"pungkasnya.

Melatih, salah satu pelaku usaha kuliner brownies mengatakan, sangat senang dengan pelatihan yang dilakukan oleh PT Pertamina Trans Kontinental.

Ia mengaku pelatihan tersebut membuat pengetahuannya tentang marketing bertambah. Hal itu akan sangat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner yang ia lakoni selama ini.

"Saya senang ikut pelatihan ini karena kita jadi banyak tahu bagaimana mengelola usaha agar lebih berkembang,"ucapnya.

(Aminuddin/Tribunbatam.id)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved