Breaking News:

KHAZANAH ISLAM

Ibadah Muslim Sebelum Salat Subuh, Lebih Baik ketimbang Dunia dan Seisinya

Qobliyah Subuh adalah amalan salat sunnah dalam Islam yang dilaksanakan sebelum Salat Subuh, di mana manfaatnya sangat luar biasa untuk seorang Muslim

net/tribun
Ilustrasi salat - Qobliyah Subuh adalah amalan salat sunnah dalam Islam yang dilaksanakan sebelum Salat Subuh, di mana manfaatnya sangat luar biasa untuk seorang Muslim 

TRIBUNBATAM.id - Sebagai Muslim kita tentu menginginkan semua yang kita lakukan semasa hidup di dunia bermanfaat di akhirat kelak.

Dunia adalah sementara dan akhirat adalah selamanya, sehingga apa pun yang dilakukan di dunia harus memikirkan konsekuensinya di akhirat kelak.

Dalam Kitab Suci Alquran dan hadist, Allah SWT telah banyak memerintahkan agar umatnya tunduk dan menyembah-NYA.

Bukti bahwa manusia tunduk pada Allah SWT adalah menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Perintah Allah SWT, salah satunya adalah mengerjakan salat wajib dan salat sunnah.

Berbicara salat sunnah, dalam Islam sendiri sangat banyak jenis salat sunnah, yang salah satunya Qobliyah Subuh.

Qobliyah Subuh adalah salat sunnah yang dilaksanakan sebelum Salat Subuh, yang manfaatnya luar biasa untuk seorang Muslim.

Baca juga: Adab Bersosialisasi dalam Islam, 5 Sifat Penggugur Pahala dan Menambah Dosa

Baca juga: Menghapus Pahala, Inilah 5 Penyakit Hati dalam Islam dan Cara Mengatasinya

Dalam sebuah hadits dari 'Aisyah, disebutkn bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, "Dua raka’at fajar ( Salat Sunnah Qobliyah Subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim).

Pada hadist lain juga disebutkan tentang keutamaan Salat Qobliyah Subuh, seperti yang disampaikan Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Seorang hamba yang muslim melakukan salat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat setiap hari, Allah membangunkan baginya rumah (istana) di surga."

Melihat dua hadist di atas, tentu kita sebagai Muslim bisa membayangkan betapa dasyatnya manfaat yang diperoleh dari menjalankan salat sunnah tersebut.

Berikut ini akan diulas tentang semua hal yang berkaitan dengan Salat Sunnah Qobliyah Subuh, termasuk keutamaan, dan cara melaksanakannya.

Keutamaan Salat Sunnah Qobliyah Subuh

1. Mengikuti Teladan Rasulullah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan contoh kepada kita agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan Salat Qobliyah Subuh.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved