Breaking News:

BATAM TERKINI

Rayakan HUT RI di Batam, Ratusan Peserta Meriahkan Festival Jong di Pulau Buluh

Festival Jong Race di perairan Pulau Buluh, Batam, Selasa (16/8) berlangsung meriah. Ada 500 perahu jong yang ikut dalam lomba ini

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Festival Jong di Pulau Buluh Batam yang digelar untuk merayakan HUT RI diikuti puluhan tim dengan 500 perahu jong, Selasa (16/8/2022). Tak hanya warga Pulau Buluh, peserta juga datang dari Pelalawan dan Bengkalis Riau, Karimun hingga Tanjungpinang 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Banyak cara untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya pengibaran bendera, beragam pesta rakyat pun turut mewarnai kemeriahan bagi warga melayu pesisir Batam.

Lewat kegiatan Festival Jong Race (lomba perahu layar tradisional mini), warga Pulau Buluh, Kecamatan Bulang Batam turut merasakan meriahnya momen kemerdekaan RI.

Warga Pulau Buluh beramai-ramai ikut menyaksikan lomba itu. Bahkan tak sedikit di antara mereka yang menjadi peserta.

Festival Jong Race yang berlangsung di perairan Pulau Buluh, Selasa (16/8/2022) pagi ini berlangsung meriah. Festival itu pun menjadi tontonan warga sekitar.

Festival itu dibuka langsung oleh tokoh masyarakat pulau, Tengku Afrizal bersama perangkat Muspika Kecamatan Bulang.

Walau perlombaan perahu berlangsung di tengah laut, tak menyurutkan semangat nelayan setempat untuk menonton dari bantaran pelantar rumah.

Mereka bahkan ada yang menggunakan sampan sendiri.

Baca juga: Dua Minggu Bisa Raup Rp 10 Juta, Simak Kisah IRT di Batam Manfaatkan Momen HUT RI

Festival Jong ini berlangsung selama tiga hari ke depan. Pesertanya pun ada sebanyak 30 tim dengan jumlah 500 perahu jong.

Ketua pelaksana Festival Jong, Bambang mengatakan, Festival Perahu Jong digelar atas keinginan masyarakat sekitar pulau yang ada di Bulang.

“Kita buat untuk menyemarakkan hari kemerdekaan. Alhamdulillah dengan kerja sama kami-kami warga pulau, kegiatan ini dapat terlaksana,” ujarnya.

Bambang menyebutkan Festival Jong ini disambut antusias masyarakat pesisir tanah air. Beberapa peserta ada yang dari Pelalawan Riau, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun hingga Tanjungpinang.

Menurutnya, festival ini juga untuk merawat permainan tradisional masyarakat Melayu pesisir agar tidak punah. (TRIBUNBATAM.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved