Breaking News:

Jumlah Merchant Pengguna QRIS di Kepri Meningkat Empat Kali Lipat Dalam Setahun

Per 1 Juli 2022, Bank Indonesia mencatat jumlah merchant QRIS di Kepri mencapai 394.632. Jumlah ini meningkat drastis dibanding Juli 2021 lalu

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
KOMPAS.COM
Ilustrasi QRIS. Jumlah Merchant Pengguna QRIS di Kepri Meningkat Empat Kali Lipat Dalam Setahun 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Hingga tahun ketiganya, kehadiran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) memperoleh sambutan baik dari masyarakat Kepulauan Riau (Kepri).

Per 1 Juli 2022, Bank Indonesia mencatat jumlah merchant QRIS di Kepri mencapai 394.632.

Jumlah merchant pengguna QRIS di Kepri tersebut tumbuh 464 persen dibanding bulan Juli 2021, atau meningkat empat kali lipat.

"Sembilan puluh persen merchant QRIS merupakan pelaku usaha yang berlokasi di Kota Batam dengan jumlah sebesar 355.053 merchant," jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja, Jumat (19/8/2022).

Pihaknya terus mendorong perluasan QRIS untuk meningkatkan budaya digitalisasi masyarakat dalam aspek pembayaran.

Salah satunya, dorongan peningkatan penggunaan QRIS dilakukan melalui pencanangan program "15 Juta Pengguna Baru QRIS" di awal tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, Provinsi Kepri memiliki target sebesar 102.000 pengguna baru. Untuk mencapai target ini, salah satu strategi yang ditempuh adalah dengan menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional 2022.

Baca juga: Bank Indonesia Kepri Sasar Satu Mal dan Tujuh Pasar Terapkan Program SIAP QRIS

"Pekan QRIS Nasional 2022 merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan QRIS, baik dari sisi pengguna maupun merchant," jelas Musni.

Melalui gelaran ini, Bank Indonesia memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa QRIS merupakan kanal pembayaran non-tunai yang paling murah dan mudah digunakan. Penggunaan QRIS ini banyak didominasi usaha mikro sebesar 63 persen dari seluruh merchant QRIS di Kepri.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved