Breaking News:

Warga Kepri Antusias Tukar Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022, Sehari Bisa Capai Rp 15 M

Bank Indonesia Kepri sebut warga Kepri sudah banyak yang menukarkan uang Rupiah lamanya dengan uang Rupiah kertas baru TE 2022.

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Hening Sekar Utami
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja memperlihatkan bentuk uang Rupiah kertas baru tahun emisi 2022, Jumat (19/8/2022).. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sejak dirilis pada Kamis (18/8/2022) lalu, uang kertas tahun emisi (TE) 2022 sudah banyak ditukarkan oleh masyarakat Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja, mengatakan, sehari setelah diluncurkan, sudah ada penarikan total Rp 800 juta uang kertas baru dari kas keliling BI, dan Rp 39 miliar dari perbankan.

"Untuk total yang akan diedarkan di Kepri, kami melihat sejauh mana proses penarikan dan penyetoran ke bank," ujar Musni di Batam, Kepri, Jumat (19/8/2022).

Sampai saat ini, penarikan uang kertas baru tersebut masih terbilang fluktuatif setiap harinya.

Namun jika dirata-ratakan, terdapat sekitar Rp 10-15 miliar uang kertas baru ditarik setiap harinya.

Baca juga: Tukar Uang Baru 2022 Per Paket Rp 200 Ribu Maksimal Tukar Rp 1 Juta

Musni menambahkan, keluarnya uang kertas baru ini merupakan amanat pemerintah bagi BI untuk menyediakan mata uang yang cukup dengan pecahan yang sesuai.

Uang kertas baru ini sebelumnya telah diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia (RI), Sri Mulyani Indrawati.

"Uang kertas TE 2022 ini sudah bisa dipakai untuk transaksi. Mulai hari ini juga sudah bisa ditarik, tapi uang kertas yang lama tetap berlaku," tambah Musni..

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved