Breaking News:

TPID Kepri Gelar Operasi Pasar Murah Tekan Inflasi

Tekan inflasi, BI Kepri dan Pemprov Kepri memfasilitasi produsen bahan pangan lokal dan pihak terkait menjual bahan pangan dengan harga lebih murah

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
Dok. Humas Bank Indonesia Kepri
Kios dalam operasi pasar murah di Foodcourt Bintan Center, Tanjungpinang dipadati pembeli, Sabtu (20/8/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Riau menggelar operasi pasar untuk bahan pangan di Foodcourt Bintan Center, Tanjungpinang pada tanggal 20 dan 21 Agustus 2022.

Dalam operasi pasar tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri dan Bank Indonesia memfasilitasi produsen bahan pangan lokal, Bulog dan BUMD Pembangunan Kepri untuk menjual bahan pangan dengan harga yang lebih murah.

"Selain untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengendalian harga pangan yang dalam beberapa waktu terakhir ini meningkat," jelas Kepala Tim Implementasi KEKDA, Miftachul Chori.

Operasi pasar ini merupakan salah satu bagian peluncuran Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) yang akan dilakukan pemerintah daerah se-Kepri dan Bank Indonesia pada tanggal 22 Agustus 2022 mendatang.

Sebelumnya, beberapa daerah di Indonesia telah melakukan kick off Gernas PIP yang dimulai oleh Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat pada 10 Agustus lalu.

Gerakan ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan Bank Indonesia untuk merespons peningkatan inflasi pangan yang terjadi tahun ini.

Baca juga: Ikut Arahan Presiden Jokowi, Pemprov Kepri Gelar Bazar Pangan Murah di Tanjungpinang

"Ada tiga fokus upaya yang akan dilakukan ke depan secara masif yaitu peningkatan produksi pangan, perluasan kerjasama antardaerah, dan operasi pasar untuk komoditas pangan," ujar Chori.

Adapun komoditas pangan utama yang dijual dengan harga murah antara lain aneka cabai, bawang merah, bawang putih, beras, telur ayam, gula pasir, beras, dan minyak goreng. Selain itu, penjual mitra operasi pasar juga menjual daging ayan segar, daging kerbau beku, bawang bombay, tomat, wortel, kentang dan beberapa bahan pangan lainnya.

Baca juga: Warga Tanjungpinang Serbu Bazar Murah, Dapat Sayur Gratis dengan Fotokopi KTP

Diketahui, inflasi di Kepri pada bulan Juli 2022 tercatat sebesar 6,09 persen (yoy), lebih tinggi dari target sasaran inflasi nasional (2 persen - 4 persen yoy).

Inflasi tersebut terutama didorong oleh kelompok komoditas bahan pangan (volatile food) yang mencapai 12,59 persen (yoy).

"Oleh karena itu, TPID Kepri melakukan operasi pasar di mana bahan pangan yang dijual diperoleh dari produsen dan distributor utama. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong efisiensi rantai distribusi sehingga masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pangan dengan harga lebih terjangkau," tambah Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Lucky. (*/TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved