Breaking News:

Bank Indonesia Kepri

Bank Indonesia Kepri dan Pemda Luncurkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan

Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Kepri diluncurkan Bank Indonesia Kepri bersama pemda hari ini, Senin (22/8).

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
Dok. Bank Indonesia Kepri untuk Tribun Batam
Pemberian plakat dalam launching GNPIP oleh Bank Indonesia Kepulauan Riau bersama TPID Provinsi Kepri, Senin (22/8/2022).. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) sukses diluncurkan di Kepulauan Riau (Kepri), pada Senin (22/8/2022).

GNPIP ini hadir sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dan Bank Indonesia Kepri dalam merespons peningkatan inflasi dan meningkatkan ketahanan pangan.

Pada kesempatan peluncuran program itu, para kepala daerah se-Kepri bersama Bank Indonesia turut melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung GNPIP.

"Program ini memiliki tiga fokus utama yaitu upaya peningkatan produksi pangan, perluasan kerja sama antardaerah, dan stabilisasi harga pangan," terang Kepala Perwakian Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja.

Untuk meningkatkan produksi pangan, Bank Indonesia Kepri telah membentuk kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTPT) Kepri dan Tim Penggerak PKK Kepri.

Kerjasama itu berupa pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya komoditas pangan (urban farming).

Kegiatannya mencakup penyediaan bibit tanaman cabai merah, pupuk dan pelaksanaan pelatihan. Urban farming juga dilakukan di kota dan kabupaten di Kepri, berkolaborasi dengan pemerintah daerah, dan melibatkan kelompok wanita tani dan Tim Penggerak PKK.

Baca juga: Bank Indonesia Targetkan Indonesia Jadi Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia

Sebagai bentuk dukungan, Bank Indonesia Kepri, telah menyiapkan bibit tanaman cabai merah dan 25.000 paket pupuk.

Sementara, DKPPKH Kepri dan BPTP Kepri memberikan dukungan informasi kelompok pelaksana dan pelatihan budidaya cabai termasuk pendampingan.

"Sinergi TPID se-Kepri untuk meningkatkan produksi pangan juga diperkuat dengan komitmen kolektif untuk terus memperluas lahan tanaman pangan di Kepri melalui pembinaan kelompok tani dan replikasi teknik budidaya Proliga," jelas Musni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved