Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Bupati Natuna Resmikan Penggunaan Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut

Kabupaten Natuna kini punya Industri Kecil Menengah (IKM) pengelolaan hasil laut yang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi.

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Bupati Natuna Wan Siswandi saat menandatangani prasasti Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna di Jalan Wan Mohammad Benteng, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin, (22/8/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Natuna Wan Siswandi meresmikan penggunaan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna di Jalan Wan Mohammad Benteng, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin, (22/8/2022).

Peresmian IKM pengelolaan hasil laut oleh Bupati Natuna itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung oleh Bupati Natuna dengan disaksikan langsung oleh sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan sejumlah Kepala OPD Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan itu, Bupati Natuna Wan Siswandi mengaku sangat bersyukur atas rampung dan dioperasikannya Gedung Sentra IKM tersebut dalam rangka upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

"Alhamdulillah hari ini sudah kita resmikan pengoperasian Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut yang dalamnya ada menjual oleh-oleh asli khas Natuna, ikan asap atau ikan salai dan kerupuk atom," kata Wan Siswandi.

Wan Siswandi berharap para pengelola pasar nantinya dapat memperhatikan kebersihan lingkungan serta menjaga kerukunan antar sesama pengelola pasar.

Baca juga: KSR PMI Natuna Ikuti Ekspedisi Pendakian Gunung Merbabu

Bupati Natuna bersama Kadisperindagkop UKM
Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Kepala Disperindagkopum Natuna, Marwan Sjah Putra saat diwawancarai usai peresmian Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna di Jalan Wan Mohammad Benteng, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin (22/8/2022).

"Saya berharap kepada pengelola pasar hendaknya menjaga kebersihan, menjaga kerukunan, muda-mudahan pasar ini bermanfaat bagi masyarakat dan kepada pelaku usaha itu sendiri, sehingga berdampak baik pada ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkopum Natuna, Marwan Sjah Putra dalam laporannya mengatakan pembangunan Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna ini dibangun dengan menggunakan dana DAK Kementrian Perindustrian.

Dengan adanya Gedung Sentra IKM diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produk unggulan daerah.

Serta dapat meningkatkan pemasaran ke luar daerah, selain itu juga adanya peluang kerja bagi masyarakat Natuna.

Baca juga: Bupati Natuna Tutup Perayaan HUT ke 77 RI dan Open Turnamen Bunguran Barat Cup I

Bupati Natuna bareng FKPD resmikan IPD pengelolaan hasil laut
Bupati Natuna, Wan Siswandi foto bersama dengan FKPD Natuna saat meresmikan penggunaan Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna, Senin (22/8/2022).

Gedung Sentra IKM sendiri terdiri dari dua Gedung yaitu Gedung Sentra Kerupuk Atom, dan Gedung Sentra Ikan Salai.

Masing-masing Gedung memiliki empat unit produksi yang terdiri dari ruang bahan baku, ruang produksi, ruang kemasan yang dirancang sesuai dengan alur produksi, serta dilengkapi dengan mesin produksi yang modern.

"Jadi pengelolanya ada 8 UKM yang kita pilih dengan memperhatikan kinerja dari usahanya sendiri, namun ini selalu kita evaluasi setiap tiga bulan, jadi UKM lain juga memiliki kesempatan untuk mengelola Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut ini," tutupnya.(TribunBatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved