Breaking News:

NATUNA TERKINI

Gedung Sentra IKM Hasil Laut di Natuna Diharapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi Pelaku UKM

Disperindagkopum Natuna berharap gedung Sentra IKM hasil laut yang baru diresmikan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Kepala Disperindagkopum Natuna, Marwan Sjah Putra saat diwawancarai usai peresmian Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna di Jalan Wan Mohammad Benteng, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin (22/8/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Sejumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) jenis ikan salai dan kerupuk atom di Natuna dapat lebih meningkatkan produksinya.

Pasalnya, kini Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna telah diresmikan Bupati Natuna, Wan Siswandi, Senin (22/8/2022).

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Kabupaten Natuna, Marwan Sjah Putra mengatakan, Sentra IKM ini dibangun sebagai tempat oleh-oleh khas Natuna.

Di dalamnya terdapat dua sentra yaitu Sentra Ikan Salai dan Kerupuk Atom. Masing-masing sentra itu diisi empat pelaku UKM.

"Di Sentra Kerupuk Atom ada empat pengelola, begitu juga di Sentra Ikan Salai. Jadi ada delapan UKM yang mengelola Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut ini," kata Marwan seusai peresmian penggunaan Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut Kabupaten Natuna, Jalan Wan Mohammad Benteng, Kecamatan Bunguran Timur.

Meski hanya dikelola oleh delapan pelaku UKM, pemerintah daerah sangat berharap agar gedung tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari hasil olahan khas Natuna itu.

Baca juga: Bupati Natuna Resmikan Penggunaan Gedung Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut

"Untuk mencapai maksudnya, maka kami akan selalu mengevaluasi dari masing-masing pelaku UKM di sini agar hasil yang diperoleh juga meningkat. Kami akan cek dan evaluasi setiap tiga bulan," ujar Marwan.

Menurutnya, jika ke depannya delapan pelaku UKM yang mengelola Sentra IKM tersebut didapati tidak produktif dan tidak sesuai dengan harapan, maka sangat memungkinkan pelaku UKM itu digantikan dengan pelaku UKM yang lain.

"Jadi ini sifatnya bisa berganti-ganti," jelas Marwan.

Baca juga: Sentra IKM Pengelolaan Hasil Laut Natuna Bakal Diresmikan Tahun Ini

Sementara itu, Marlina, seorang pengelola kerupuk atom di Sentra Kerupuk Atom berharap agar dagangannya itu dapat lebih dikenal masyarakat, baik masyarakat lokal maupun wisatawan.

"Semoga ke depannya hasil yang kami peroleh jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya saat kami berjualan di Pulau Tiga," harap Marlina. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved