Breaking News:

Adhya Tirta Batam

ATB Tawarkan Solusi Wujudkan Merdeka Akses Air Bersih

PT Adhya Tirta Batam melebarkan sayapnya agar Indonesia turut merasakan peningkatan kualitas pelayanan air bersih terutama dalam hal aksesibilitas air

ISTIMEWA
ATB memberikan pendampingan kepada sejumlah BUMD Air Minum guna meningkatkan performa layanan air bersih di Indonesia. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id – Perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 masih belum selaras dengan kemerdekaan akses air bersih.

Menurut pemaparan Wakil Presiden RI H. Ma’ruf Amin, capaian akses air minum aman baru sekitar 11 persen.

Kondisi ini menjadi perhatian serius PT Adhya Tirta Batam (ATB). Perusahaan yang telah membuktikan kinerja unggulnya selama 25 tahun di Batam, membuka diri untuk bekerjasama dengan pemerintah guna meningkatkan aksesibilitas air bersih bagi penduduk Indonesia.

“Batam telah merasakan keandalan kinerja ATB. Kini ATB melebarkan sayapnya, agar Indonesia turut merasakan peningkatan kualitas pelayanan air bersih terutama dalam hal aksesibilitas,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

Menurut catatan Indonesia Water Institute (IWI), sistem air perpipaan di Indonesia baru menjangkau 21,08 persen penduduk Indonesia.

Artinya, hanya sekitar 2 dari 10 orang di Indonesia yang saat ini menggunakan air dari sistem perpipaan nasional.

Berdasarkan hasil kajian bertajuk Public Expenditure Review Spending for Better Result, Bank Dunia (World Bank) melaporkan, Indonesia masih tertinggal dengan negara lainnya yang berada di kawasan Asia Tenggara lain seperti Filipina, Vietnam, Thailand, dan Malaysia dalam menyediakan layanan penyediaan air minum dan sanitasi yang baik.

Laporan dari World Bank juga diperkuat oleh data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang mengungkapkan, fasilitas sarana air bersih dan sanitasi baik masih belum merata di Indonesia.

Di sisi lain, ATB telah berhasil mencetak sejumlah keunggulan selama beroperasi di Batam. Dengan cakupan area pelayanan 99,5 persen, ATB mampu menjaga kontinuitas suplai air bersih hingga 23,7 jam perhari dan menekan angka kebocoran hingga 14 persen.

Pencapaian gemilang tersebut tentunya dapat diraih dengan sejumlah strategi yang terbukti efektif dan efisien diterapkan di industri air bersih.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved