Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Bupati Natuna Wan Siswandi Pimpin Rakor Bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting

Bupati Natuna Wan Siswandi sebut, tanggungjawab penurunan angka stunting bukan hanya ada di kepala daerah, tetapi banyak pihak

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat memimpin rapat koordinasi bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting tahun 2022 secara virtual di Ruang Vidcon Kantor Bupati Natuna, Rabu (24/8/2022) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Penurunan angka stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita usia di bawah 5 tahun akibat kekurangan gizi kronis merupakan tanggung jawab bersama.

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna, Wan Siswandi saat memimpin rapat koordinasi bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting tahun 2022, secara virtual di Ruang Vidcon Kantor Bupati Natuna, Jalan Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (24/8/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Tenaga Ahli Regional 1 Medan, Rizal Efendi, dinas terkait serta seluruh camat, kepala desa dan PKK se-Kabupaten Natuna.

Menurut Wan Siswandi, tanggung jawab penurunan angka stunting tersebut bukan hanya ada di kepala daerah.

Namun, penurunan angka stunting menjadi kewajiban bersama dimulai dari keluarga, masyarakat, aparat desa, kecamatan, petugas kesehatan, dinas terkait hingga kepala daerah.

Di era saat ini, Wab Siswandi mengaku, dirinya sering mendapatkan laporan. Satu di antara penyebab stunting adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, dan lebih memilih sibuk beraktivitas di media sosial, sehingga kadang melupakan kebutuhan anak terhadap asupan gizi.

Baca juga: Pemkab Natuna Berencana Asuransikan Aset Daerah saat Audiensi dengan Asuransi Bumida

"Selain itu, ada beberapa hal yang menyebabkan angka stunting tidak kunjung menurun di antaranya, pengasuhan bayi yang kurang baik, kurangnya akses air bersih dan sanitasi serta kurangnya akses keluarga terhadap makanan bergizi," ujarnya.

Untuk itu, Wan Siswandi berharap dapat menyatukan satu pemikiran, niat dan tujuan untuk serius menurunkan stunting, khususnya di wilayah Natuna.

"Untuk itu saya meminta seluruh dinas terkait, kecamatan, dan desa untuk bersama-sama serius menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Natuna," tegas Wan Siswandi.

Di sisi lain, Wan Siswandi juga mengapresiasi kinerja PKK Natuna yang selalu turun ke kecamatan dan desa untuk memberi pengarahan terhadap kewaspadaan dan pencegahan stunting di masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved