Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Pemprov Kepri Tandatangani MoU Pemanfaatan Sertifikasi Elektronik dengan BSSN RI

Kerjasama Pemprov Kepri dan BSSN RI ini terkait penguatan sistem perlindungan data dan teknologi pemerintah daerah melalui transformasi digital

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Biro Adpim Pemprov Kepri/Tribun
Kepala Diskominfo Kepri, Hasan mewakili Pemprov Kepri saat bersama Plt. Sekretaris Utama BSSN RI YB. Susilo Wibowo saat kegiatan di Auditorium Mayjend Roebiono Kertopati, Kantor BSSN RI Sawangan, Depok, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan sertifikasi elektronik dengan Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) RI.

Penandatanganan itu dilakukan di Auditorium Mayjend Roebiono Kertopati, Kantor BSSN RI Sawangan, Depok, Rabu (24/8/2022).

Mewakili Pemprov Kepri, penandatanganan dilakukan Kepala Diskominfo Kepri, Hasan bersama Plt Sekretaris Utama BSSN RI YB. Susilo Wibowo secara elektronik.

Kerjasama tersebut dalam rangka penguatan sistem perlindungan data dan teknologi pemerintah daerah melalui transformasi digital.

Bukan hanya Pemprov Kepri saja, ada 20 pemerintah provinsi, kabupaten dan kota lainnya se-Indonesia yang juga melakukan hal sama.

Seluruh Pemda tersebut dinilai telah menyelesaikan semua perangkat sertifikasi elektronik di masing-masing daerahnya.

Baca juga: Sekdaprov Kepri Buka Lomba Inovasi TTG, 18 Peserta Ikut Serta

Ruang lingkup kerja sama yang tercakup dalam MoU meliputi, penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada masing-masing instansi, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan sertifikat elektronik.

Plt. Sekretaris Utama BSSN RI, YB. Susilo Wibowo menyampaikan, akan memfasilitasi pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai amanat undang-undang.

"Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian negara dan daerah terutama pada pelayanan administrasi masyarakat. Pelayanan digital melalui transformasi digital merupakan keharusan yang bertujuan untuk kemudahan, kredibel, akurat dan keamanan yang diperlukan sebagai jaminan keamanan bagi data dan teknologi di Pemerintah daerah dalam rangka penguatan e-Goverment" ujar Susilo.

Susilo menambahkan, kemudahan dan manfaat dari transformasi digital selalu berdampingan dengan potensi ancaman dan kerawanan.

Baca juga: Serius Tangani Inflasi, Gubernur Kepri Minta Perbanyak Operasi Pasar di Dua Kota

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved