Breaking News:

BKKBN KEPRI

BKKBN Kepri Teken MoU dengan Pemkab Karimun, Pendampingan Konseling Pra Nikah

BKKBN Provinsi Kepri menggelar audiensi dan penandatanganan komitmen tentang pendampingan konseling dan pemeriksaan kesehatan tiga bulan Pra Nikah

ISTIMEWA
Kerjasama BKKBN Kepri melakukan penandatangan MoU ke Pemkab Karimun 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri menggelar Audiensi dan Penandatanganan Komitmen tentang Pendampingan Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan Tiga Bulan Pra Nikah sebagai upaya Pencegahan Stunting dari Hulu.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala BKKBN Provinsi Kepri, Asisten 1 Pemkab Karimun, Kemenang, seluruh camat dan kepala KUA se-Kabupaten Karimun, di Ruang Cempaka Putih, Kamis (25/8/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN Kepri, Rohina mengatakan, melalui kegiatan ini sangat di harapkan angka stunting di Kepri turun pada 2023 mendatang.

"Pendampingan konseling dan pemeriksaan kesehatan ini sangat dibutuhkan terutama bagi calon pengantin tiga bulan sebelum menikah," ujar Rohina.

Menurutnya, pencegahan stunting dapat dicegah dari hulu kepada para calon pengantin yang nantinya melahirkan seorang anak.

"Tujuannya ini tidak lain ialah bagi calon pengantin yang baru menikah agar dapat melahirkan anak yang bebas dari stunting," ujarnya.

Dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia, stunting jadi tantangan sekaligus permasalahan serius yang perlu ditangani dengan solusi tepat.

Penurunan angka stunting, pihaknya melakukan pendampingan yang dibantu dengan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil).

"Aplikasi Elsimil merupakan upaya pemerintah memberikan keterbukaan informasi pada publik, khususnya sebagai alat pemantau kesehatan bagi ibu hamil serta media edukasi pernikahan dan hamil, terutama yang terkait dengan faktor risiko stunting," ujarnya.

Saat ini, angka stunting di Karimun telah di angka 17,6.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved