Breaking News:

PEMKO BATAM

Wali Kota Rudi Jumpa Konjen Jepang Takonai, Jamin Kenyamanan Investasi di Batam

Wali Kota Batam Muhammad Rudi bertemu Konjen Jepang Takonai Susumu di Batam bahas soal investasi dan pengurusan izin

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
Diskominfo Batam untuk Tribun Batam
Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menerima kunjungan Konsulat Jenderal atau Konjen Jepang di Medan, Takonai Susumu, di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (26/8/2022) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menjamin kenyamanan invetasi di Batam.

Sejumlah layanan terus ditingkatkan agar Batam makin ramah terhadap investasi asing. Salah satunya dari Jepang.

Hal itu ia sampaikan seusai menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Takonai Susumu, di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (26/8/2022).

"Untuk investasi Jepang di Batam sudah banyak dan kami terus mengajak agar investor Jepang terus berinvestasi di sini," ujar Rudi.

Seiring masuknya investasi, para investor biasanya membawa pekerja ahli. Untuk hal ini, ia mengatakan, Jepang melalui konsulatnya ingin ada kemudahan kepengurusan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) agar pengurusan tidak ke pusat.

"Untuk investasi tidak ada kendala di Batam. Hanya saja, untuk izin menetap sementara di Indonesia dan pembayaran pajak orang asing yang menjadi keluhan," katanya.

Baca juga: BP Batam Paparkan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan 2021 ke DPR RI

Sebagaimana diketahui, IMTA perdana memang dilakukan pembayaran pajak di Jakarta. Dan baru bulan berikutnya bisa dibayarkan di daerah.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pusat bagaimana agar pengurusan bisa dilakukan di daerah. Bisa juga menempatkan staf di PTSP jika bisa," ujar Rudi.

Selain itu, Konjen Jepang juga menawarkan studi banding bagi para ulama di Jepang. Rudi mendukung program tersebut demi menambah wawasan dan pengalaman para ulama.

"Tadi katanya Batam hanya dua orang, saya minta ditambah bila perlu sampai lima orang. Untuk menambah wawasan ini, saya rasa sangat penting," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved