Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Bawaslu Anambas Awasi Vermin Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 yang Dilakukan KPU

Bawaslu Anambas menilai hingga kini vermin parpol calon peserta pemilu 2024 di Anambas yang dilakukan KPU Anambas masih sesuai juknis

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas, Yopi Susanto sebut pengawasan vermin pengurus parpol calon peserta pemilu 2024 di Anambas telah berlangsung sejak tanggal 16 - 29 Agustus 2022 mendatang. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id  - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas ikut melakukan pengawasan terhadap tahapan verifikasi administrasi (vermin) kepengurusan partai politik calon peserta pemilu 2024.

Pengawasan vermin pengurus parpol di Anambas tersebut telah berlangsung sejak tanggal 16 - 29 Agustus 2022 mendatang.

Ketua Bawaslu Anambas, Yopi Susanto mengatakan, tujuan pengawasan yang dilakukan oleh pihaknya ini untuk memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat melakukan tahapan vermin sesuai petunjuk teknis, peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Pengawasan pihaknya itu berdasarkan Pasal 180 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Acuannya, Bawaslu Kabupaten/Kota melaksanakan pengawasan atas pelaksanaan verifikasi partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota.

"Pengawasan vermin yang kita lakukan sebelumnya diawali dengan rapat koordinasi bersama KPU terkait teknis yang akan dilakukan," ucapnya, kepada Tribunbatam.id, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Ketua Bawaslu Batam Sebut Sipol KPU Sempat Sulit Diakses 

Ia menilai, hingga saat ini tahap awal verifikasi administrasi kepengurusan partai politik calon peserta pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU Anambas terlaksana sesuai juknis keputusan KPU No. 260 Tahun 2022 tentang tata cara verifikasi administrasi.

"Nah pertanggal 26 Agustus ini, KPU Anambas sudah selesai melakukan tahap awal vermin terhadap 23 partai politik yang ada kepengurusannya di Anambas," ujarnya.

Dari penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen vermin yang dilakukan oleh KPU Anambas, pihaknya memastikan data-data kepengurusan partai politik calon peserta pemilu 2024 sesuai prosedur.

"Nah untuk ke depan kita akan terus berkoordinasi," sebutnya.

Terhadap pengawasan melekat, pihaknya juga mengimbau agar KPU Anambas dapat memberikan pelayanan yang adil kepada setiap calon partai politik peserta pemilu 2024.

"Kalau untuk pengawasan melekat, kita berharap teman-teman KPU bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku dan memastikan melayani calon partai politik baik yang lama atau pun yang baru secara adil dan tidak tebang pilih," jelasnya.

Sebelumnya, disampaikan Yopi, pada awal penggunaan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tidak dapat diakses atau mengalami eror sistem sehingga data-data tidak dapat terbaca.

"Tapi Alhamdulillah, setelah hari-hari berikutnya aplikasi Sipol itu tidak macet lagi. Kalau pun macet gak terlalu lama. Makanya KPU bisa menyelesaikan vermin awal ini masih dalam rentang waktu jadwalnya," ujarnya. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved