Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Wali Kota Rahma Ajak Masyarakat Tanjungpinang Lebih Mengenal Kesenian Daerah

Selain sebagai hiburan rakyat, Rahma berharap dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah ini masyarakat Tanjungpinang semakin mengenal kesenian daerah

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Tanjungpinang untuk Tribun Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma hadir dan turut menyaksikan kolaborasi kesenian antar komunitas budaya, di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Sabtu (27/8/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah dengan menampilkan pertunjukan kesenian yang mengangkat beragam kesenian rakyat.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma hadir dan turut menyaksikan kolaborasi kesenian antar komunitas budaya di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Sabtu (27/8/2022).

Pekan Kebudayaan Daerah menyajikan keberagaman entitas budaya dan multi etnis yang ada di Tanjungpinang. Pagelaran dibuka dengan pertunjukan kolaborasi Reog Suro Menggolo, Barongsai Long Shi, dan Singo Barong Tri Manggolo.

Rahma mengatakan, pertunjukan kesenian rakyat ini menarik dengan menyajikan konsep kolaborasi.

“Kota Tanjungpinang memiliki beragam etnis budaya, suku, agama yang hidup bersatu, rukun dan saling berdampingan. Dari keberagaman tadi, masyarakat membawa kesenian rakyat dari daerahnya masing-masing. Dan di sini kita dapat menyaksikan penampilan kolaborasi antar komunitas budaya dengan kreatifitas karyanya,” ucap Rahma.

Menurut Rahma, selain sebagai hiburan rakyat, dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah ini diharapkan masyarakat semakin mengenal kesenian daerah.

“Selain sebagai hiburan, melalui pergelaran ini kita dapat mengenal dan mengetahui berbagai kesenian kebudayaan daerah. Dengan itu, diharapkan kita dapat melestarikan kebudayaan agar tidak hilang oleh zaman juga budaya luar,” pesannya.

Baca juga: Revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang Proyek Kementerian PUPR Masuk Lelang

Rahma mengajak masyarakat untuk datang dan menyaksikan pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah sekaligus mendukung UMKM.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari hingga besok (hari ini), dengan berbagai penampilan dari komunitas, sanggar, dan paguyuban yang ada di Tanjungpinang. Sekaligus kita dukung pelaku UMKM yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini,” pungkasnya.

Pekan Kebudayaan Daerah akan diisi dengan penampilan dari paguyuban pasundan, keroncong jawa, kuda kepang, debus, ghazal, rumpun Batak bersatu, persppac, keluarga besar lembata, juga joged dangkong. (Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved