Breaking News:

PERBANKAN

INI Alasan Uang Kertas Baru Belum Bisa Dipakai Setor dan Tarik Tunai di Mesin ATM

Bank Indonesia KPwl Kepri mengungkapkan penyebab uang kertas baru emiis 2022 masih belum bisa digunakan untuk setor dan tarik tunai di mesin ATM.

ISTIMEWA/BANK INDONESIA
Contoh uang baru keluaran 2022. Bank Indonesia KPwl Kepri mengungkapkan penyebab uang kertas baru emiis 2022 masih belum bisa digunakan untuk setor dan tarik tunai di mesin ATM. 

BATAM,TRIBUNBATAM.id - Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022 masih belum dapat digunakan untuk setor atau tarik tunai di seluruh mesin ATM.

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah KPwI Kepulauan Riau (Kepri), Yahya Hadi Sumarna, menjelaskan, saat ini Bank Indonesia Kepri masih dalam proses menginput data Uang Kertas Baru ke dalam mesin-mesin ATM yang ada di wilayah Kepri.

"Hal ini butuh proses karena adanya perbedaan ukuran dari uang kertas sebelumnya, serta tanda-tanda keamanan pada uang kertas baru tersebut," jelas Yahya.

Meski demikian, ia menegaskan, Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022 merupakan alat pembayaran yang sah, dan harus diterima oleh masyarakat sesuai dengan Undang-undang (UU) Mata Uang.

Baca juga: WISATA ALAM BATAM, Lepas Penat dari Kehidupan Kota di Hutan Mangrove Pandang tak Jemu

Bank Indonesia Kepri terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui media digital hingga tatap muka, sejalan dengan semakin luas dan banyaknya peredaran uang kertas baru di tengah masyarakat.

Selain itu, guna tetap menjaga jumlah uang kertas baru yang akan diedarkan, Bank Indonesia Kepri juga mengatur kuota penukaran uang setiap bulannya. Selama bulan Agustus 2022, penukaran uang di kas keliling BI dibatasi maksimal 5 paket (1 paket = Rp 200 ribu) per orang, sehingga maksimal setiap orang menukarkan Rp 1 juta.

"Kemudian, untuk bulan September 2022 ditambah menjadi maksimal 10 paket per orang, atau total Rp 2 juta. Selanjutnya, mulai bulan Oktober 2022, sudah dibebaskan," tambah Yahya. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved