Breaking News:

PERBANKAN

Pemerintah dan Bank Indonesia Luncurkan KKP Domestik dan QRIS Lintas Negara

KKP Domestik adalah skema pembayaran domestik berbasis fasilitas kredit untuk memfasilitasi transaksi pemerintah pusat maupun daerah berbentuk Kartu.

ISTIMEWA
Peluncuran KKP Domestik yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Senin (29/8/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah telah meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik, Senin (29/8/2022) lalu.

Program ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves RI), Bank Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

KKP Domestik adalah skema pembayaran domestik berbasis fasilitas kredit untuk memfasilitasi transaksi pemerintah pusat maupun daerah dalam bentuk Kartu Kredit Pemerintah yang diproses secara domestik.

KKP Domestik efektif akan diimplementasikan mulai 1 September 2022.

"Program KKP Domestik ini merupakan bagian dari skema pembayaran domestik berbasis kredit yang bertujuan memperluas akseptansi transaksi non tunai lebih inklusif," ujar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Penerbitan KKP Domestik pada tahap awal dilakukan oleh Himbara (BNI, BRI, dan Bank Mandiri) dan akan diperluas ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) secara bertahap.

Baca juga: DAFTAR Bank di Indonesia yang Layani Penggunaan QRIS di Thailand

KKP Domestik dikembangkan menggunakan mekanisme QRIS berbasis sumber dana kredit sehingga seluruh transaksi diproses di dalam negeri.

Selain dapat digunakan di lebih dari 20 juta merchant QRIS secara interkoneksi antara penyelenggara, KKP Domestik juga dapat memfasilitasi belanja pengadaan Pemerintah melalui platform yang disediakan secara terpusat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

KKP Domestik dapat meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, meminimalisir penggunaan uang tunai, mengurangi kecurangan dari transaksi tunai, serta mengurangi idle cash.

Ke depan, sistem ini akan mengoptimalkan penggunaan uang persediaan oleh satuan kerja untuk kebutuhan operasional ataupun belanja perjalanan dinas.

Pada kesempatan yang sama, Presiden RI Joko Widodo juga meluncurkan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara, yakni implementasi cross-border QRIS payment linkage antara Indonesia dengan Thailand.

Selain itu, juga dimulai inisiasi kerjasama pembayaran berbasis QR lintas negara antara Indonesia dengan Singapura. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved