Breaking News:

Jadi Bukti Identitas Anak, Rahma Serahkan KIA ke Siswa SMPN 7 Tanjungpinang

Wali Kota Rahma menyerahkan KIA secara simbolis ke siswa kelas 9 SMP Negeri 7 Tanjungpinang, setelah pelaksanaan apel pagi, Rabu (31/8/2022)

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Tanjungpinang
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyerahkan Kartu Indentitas Anak (KIA) secara simbolis kepada siswa SMP Negeri 7 Tanjungpinang, Rabu (31/8/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada para siswa SMP Negeri 7 Tanjungpinang.

Secara simbolis, Rahma menyerahkan KIA kepada siswa kelas 9 setelah pelaksanaan apel pagi, di Halaman SMP Negeri 7 Tanjungpinang, Rabu (31/8/2022).

Dalam arahannya, Rahma mengatakan KIA ditujukan bagi anak agar memperoleh identitas penduduk yang belum mempunyai Dokumen Kependudukan.

"Sesuai dengan program pemerintah, KIA diberikan kepada anak yang berusia 0 hingga 17 tahun dan belum menikah. Pada dasarnya, KIA serupa dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang merupakan kartu bukti identitas resmi atau kartu pengenal bagi anak," jelas Rahma.

Ia melanjutkan, tujuan diterbitkan KIA yakni untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik.

"Tidak hanya itu, KIA juga menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia secara maksimal. Kartu ini sebagai solusi bagi anak-anak untuk mendapatkan pelayanan publik"

"Untuk itu, kepada seluruh masyarakat yang belum mengurus administrasi kelengkapan pembuatan KIA agar segera datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” imbaunya.

Baca juga: Rahma Serahkan Penghargaan ke 107 ASN Pemko Tanjungpinang yang Pensiun Tahun Ini

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 7 Tanjungpinang, Rahmawati menyampaikan bahwa saat ini 324 siswa-siswinya sudah mengurus KIA.

"Saat ini kami telah memproses pengurusan KIA untuk siswa-siswi sekolah kami. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang, khususnya Disdukcapil yang telah membantu dalam proses pembuatan KIA anak-anak kami," pungkasnya.

Setelah pelaksanaan apel pagi, para siswa menampilkan pertunjukan kesenian dan selanjutnya Rahma bersilaturahmi dan berdiskusi bersama seluruh guru di ruang guru SMP Negeri 7 Tanjungpinang.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved