Breaking News:

Tokopedia Gelar Kelas Maju Digital II Bertema Pengembangan Bisnis Berkelanjutan

Tokopedia bersama Gojek dan GoTo Financial kembali bersinergi menggelar KMD, pada 30 Agustus 2022. Kegiatan ini untuk melatih pelaku UMKM di Indonesia

ISTIMEWA
Ilustrasi poster kegiatan Kelas Maju Digital (KMD) yang diselenggarakan Tokopedia. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Setelah sukses menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KMD) ada Juli 2022 lalu, Tokopedia bersama Gojek dan GoTo Financial kembali bersinergi menggelar KMD, pada 30 Agustus 2022.

Kegiatan ini bertujuan memberikan kelas atau pelatihan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Kali ini, topik utamanya adalah bagaimana membangun dan mengelola bisnis tamah lingkungan dan berkelanjutan.

"KMD ke-2 ini membahas mengenai bisnis berkelanjutan sesuai salah satu pilar di G20 nanti," ujar Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari.

Beberapa ide bisnis ramah lingkungan dibagikan kepada peserta, sebagai salah satu contoh, #GerakanSapuPlastik dan Chatime Kios yang dibangun dengan teknik bangunan prefabrikasi, yang pernah dilakukan perusahaan makanan dan minuman, Chatime.

Selain itu, peserta KMD juga mendapatkan tips menjalankan bisnis berkelanjutan dengan tetap meraih keuntungan dari seller yang telah terlebih dulu menjalankan konsep bisnis tersebut.

Salah satu peserta KMD, Pemilik Usaha "Yamanori Shoes", Polma Sitorus, mengungkapkan, dirinya telah secara rutin mengikuti kegiatan KMD. Pada bulan lalu, ia berkesempatan belajar langsung dari pendiri usaha Aerostreet, yakni brand yang produknya sama dengan yang ia jual.

"Acara edukasi ini bagus dan menghadirkan pembicara ahli di bidangnya. Semoga di KMD bulan ini saya bis mendapat ilmu mengenai bisnis ramah lingkungan yang bisa diterapkan di bisnis saya," ujar Polma. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved