Breaking News:

Wali Kota Rahma Ajak Pelaku Usaha di Tanjungpinang Punya Inovasi Pasarkan Produk

Wali Kota Tanjungpinang Rahma ingatkan pelaku usaha, untuk menjadi pengusaha sukses harus memiliki inovasi dan tak gengsi dalam memasarkan produknya

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Tanjungpinang
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat membuka kegiatan Manajemen Pemasaran dan Peningkatan Kualitas Produk Usaha, yang disejalankan dengan kegiatan kompetensi bagi pengurus koperasi di Hotel Plaza Tanjungpinang, Rabu (31/8/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Menjadi pengusaha yang sukses harus memiliki inovasi, semangat kerja keras, dan tidak gengsi dalam memasarkan produknya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat membuka kegiatan Manajemen Pemasaran dan Peningkatan Kualitas Produk Usaha, yang disejalankan dengan kegiatan kompetensi bagi pengurus koperasi di Hotel Plaza Tanjungpinang, Rabu (31/8/2022).

Menurut Rahma, para pelaku usaha harus bangkit dan disertai peningkatan kualitas produk yang dijual. Pasca pandemi covid-19 yang mengakibatkan perekonomian lesu, maka untuk memajukan usaha kembali diperlukan prinsip manajemen yaitu perencanaan yang terstruktur untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya.

"Selain itu peningkatan kualitas produk juga harus diperhatikan untuk bersaing di pasaran,” ucapnya.

Rahma mengatakan, melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Tanjungpinang mendukung upaya dalam pengembangan usaha mikro.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pelaku usaha mikro mengetahui pemasaran agar produknya dikenal dan disukai. Pemasaran tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ke tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan," ungkapnya.

Selain pemasaran, yang tak kalah penting juga pelatihan kompetensi bagi pengurus koperasi untuk mengelola koperasi secara profesional dan akuntabel untuk menghasilkan pelaporan keuangan yang baik.

Baca juga: Jadi Bukti Identitas Anak, Rahma Serahkan KIA ke Siswa SMPN 7 Tanjungpinang

"Dengan pelatihan kompetensi ini dapat mempelajari manajemen maupun pelaporan keuangan, agar menjadi koperasi yang sehat serta memiliki SDM yang berkualitas," ucapnya.

Ia melanjutkan, koperasi wajib melaporkan laporan pertanggungjawaban kepada anggota melalui RAT baik dari simpanan, pinjaman, SHU dan lainnya.

"Jika koperasi sudah mampu membuat laporan keuangan yang baik dan benar, maka anggota akan merasa bahwa koperasi sudah menjalankan prinsip-prinsip transparan," kata Rahma.

Rahma berharap dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta dari usaha mikro dan pengurus koperasi di Tanjungpinang.

Baca juga: Rahma Serahkan Penghargaan ke 107 ASN Pemko Tanjungpinang yang Pensiun Tahun Ini

"Setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengambil ilmu demi kemajuan usahanya dan perkoperasian," pungkasnya.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari Lembaga Cendikia, Giarso dan Motivator dari Jakarta, Samsul Bahri. (Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved