Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

324 Siswa SMP Negeri 7 Tanjungpinang Bakal Memperoleh Kartu Identitas Anak

Sebanyak 324 siswa dan siswi SMPN 7 Tanjungpinang akan segera menerima Kartu Identitas Anak (KIA). KIA sangat mirip dengan KTP sebagai identitas.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani
Prokompim Tanjungpinang
Penyerahan kartu identitas anak (KIA) kepada pelajar di SMP Negeri 7 Tanjungpinang. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pelajar di SMP Negeri 7 Tanjungpinang menerima Kartu Identitas Anak (KIA). 

KIA ini ditujukan kepada anak agar memperoleh identitas penduduk yang belum mempunyai dokumen kependudukan.

Penyerahan KIA ini baru diberikan kepada siswa/siswi kelas 9. Namun sudah ada 324 siswa/siswi yang KIA nya sedang dalam proses.

"Saat ini kami telah memproses pengurusan KIA untuk siswa-siswi sekolah kami. Ini tentunya berkat dukungan Pemerintah Kota Tanjungpinang khususnya Disdukcapil yang telah membantu dalam proses pembuatan KIA anak-anak kami," ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 7, Rahmawati, Kamis (1/9/2022).

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma yang hadir dan turut menyerahkan KIA kepada siswa/siswi  mengatakan bahwa adanya KIA ini sangat penting sekali bagi mereka dan setiap anak sudah harus memiliki KIA.

Baca juga: WASPADA, Ada Lubang Besar Dekat Gorong-gorong Km 32 Cikolek Toapaya Bintan

"Sesuai dengan program pemerintah, KIA diberikan kepada anak yang berusia 0 hingga 17 tahun dan belum menikah. Pada dasarnya, KIA serupa dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang merupakan kartu bukti identitas resmi atau kartu pengenal bagi anak," tutur Rahma.

Sebagaimana tujuan diterbitkan KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik. 

"Tidak hanya itu, KIA juga menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia secara maksimal. Kartu ini sebagai solusi bagi anak-anak untuk mendapatkan pelayanan publik,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan agar masyarakat khususnya yang memiliki anak dan belum mengurus administrasi kelengkapan pembuatan KIA agar segera datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

 

 

 

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved