Breaking News:

DISKOMINFO LINGGA

Dekranasda Promosikan Motif Batik Lingga lewat Lomba Fashion Show

Lomba fashion show antar OPD di Lingga yang menampilkan beragam motif batik, jadi salah satu cara Dekranasda untuk kenalkan batik khas Lingga

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Lingga/Said Maulana Alhabsyie
Penampilan peserta fashion show semarak Batik Lingga yang digelar Dekranasda Kabupaten Lingga untuk memperingati dan memeriahkan HUT ke-77 RI, Selasa (30/8/2022) di Aula Kantor Bupati Lingga di Daik 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bermacam corak motif batik khas Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mewarnai jalannya ajang lomba fashion show antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan di Aula Kantor Bupati Lingga, Daik, Selasa (30/8/2022) malam.

Lomba semarak Batik Lingga ini digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berdampingan dengan Akari Ceq Connon yang berlangsung lebih kurang dua hari.

Ketua Dekranasda Lingga, Maratusholiha Nizar membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Setidaknya 50 peserta wanita maupun pria tampil di hadapan ratusan tamu undangan yang hadir. Mereka menunjukkan kreasi batik yang mereka kenakan.

Keindahan dan corak motif batik Lingga ini pun menjadi ajang promosi, agar batik khas Negeri Bunda Tanah Melayu ini makin dikenal luas.

Seperti penampilan seorang peserta dari Diskominfo Lingga, Fredy. Saat itu ia tampak tampil mengenakan motif batik Itik Pulang Petang dan Tapak Leman.

"Itu memang kami siapkan untuk dikenakan saat lomba fashion show," kata Fredy kepada tribunbatam.id, Kamis (1/9/2022).

Diketahui, setidaknya ada 21 motif Batik Lingga yang telah dikenal luas baik dari dalam hingga luar daerah.

Beberapa motif Batik Lingga itu, yakni Tapak Leman, Tampok Manggis, Pucuk Rebung 1, Pucuk Rebung 2, Potong Wajik, Bunga Cengkeh dan Cermain, Bunga Cendawan, Bunga Ketola, Bunga Paku Gajah, dan Bunga Tepung Talam.

Baca juga: Dewi Kumalasari Ansar Ahmad Kukuhkan Pengurus LKKS Lingga

Selanjutnya ada motif Kuncup Tak Jadi, Bunga Sekaki, Bintang-bintang, Itik Pulang Petang, Itik Pulang Petang 2, Bunga Melati, Keluang, Awang Larat, Awan Petang, Kiambang 1, dan Kiambang 2.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved