Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Wali Kota Rahma Ikut Pawai Budaya di Tanjungpinang Kenakan Pakaian Adat Nasional

Wali Kota Tanjungpinang Rahma, dan suaminya serta jajaran di Pemko Tanjungpinang ikut pawai budaya bersempena HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Sabtu (3/9)

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Diskominfo Tanjungpinang
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama Ketua PKK Kota Tanjungpinang, Agung Wira Dharma dan pejabat lainnya saat ikuti pawai budaya dengan kenakan baju adat, Sabtu (3/9/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Forum BUMN dan Forum Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Tanjungpinang menggelar pawai budaya dan kendaraan hias.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma yang hadir, ikut membuka kegiatan pawai sempena HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut di area gedung gonggong tepi laut, Sabtu (3/9/2022).

Terlihat, Rahma bersama Ketua PKK Tanjungpinang, Agung Wira Dharma, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah, Sekda Tanjungpinang Zulfidayat, serta seluruh kepala perangkat daerah, hingga lurah beserta istri ikut meramaikan pawai budaya dengan mengenakan pakaian adat nasional.

Selain mengenakan pakaian adat, Rahma juga ikut berjalan kaki di pawai itu. Rahma menyampaikan, bahwa pawai budaya dan mobil hias menjadi salah satu rangkaian kegiatan kemeriahan sampena HUT RI.

“Pawai budaya ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Tanjungpinang untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Setelah 2 tahun tidak dilaksanakan karena pandemi, Alhamdulillah tahun ini dapat kembali digelar dan mendapat respons yang luar biasa dan antusias dari peserta pawai hingga masyarakat yang menonton,” ungkap Rahma.

Menurutnya, hal tersebut terlihat dari keikutsertaan peserta pawai yang diikuti oleh unsur TNI/Polri, pemerintah daerah, paguyuban, organisasi masyarakat, dan sekolah yang menampilkan berbagai kesenian dan atraksi.

Baca juga: Pemko Tanjungpinang Beri Keringanan Warga Bayar PBB P2 Hingga November 2022

“Seluruh peserta tampil dengan keberagaman budaya nusantara dengan menunjukkan keragaman suku, agama, dan budaya yang ada di Kota Tanjungpinang, juga menampilkan kesenian dari daerah masing-masing. Ini menunjukkan masyarakat Tanjungpinang hidup berdampingan dengan rukun dan damai,” sambungnya.

Selain itu, pawai kendaraan hias yang diikuti oleh seluruh dinas di Pemko Tanjungpinang dan paguyuban turut menggambarkan keberhasilan berbagai program kerja perangkat daerah serta pembangunan yang dilaksanakan.

“Mobil hias sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat yang menonton khususnya, untuk mengetahui kebijakan atau program yang dibuat oleh Pemko Tanjungpinang melalui masing-masing dinas"

"Mudah-mudahan melalui pawai ini tidak hanya memberikan hiburan kepada masyarakat tetapi juga sebagai sarana penyampaian informasi dan melestarikan kebudayaan,” jelas Rahma.

Terakhir, Rahma berharap dengan kegiatan untuk masyarakat ini juga turut membantu UMKM.

“Dengan penyelenggaraan kegiatan seperti ini diharapkan dapat membantu dan juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, sehingga mereka turut merasakan manfaatnya,” pungkasnya.

Dalam pawai budaya tersebut diisi atraksi dari paguyuban dan sanggar seni yang menampilkan di antaranya kesenian joged dangkong, pencak silat, barongsai, singa barong, reog, kuda kepang dan kesenian lainnya.

Baca juga: Hari Ini Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Budaya Memperingati HUT RI di Batam

Dari barisan pelajar turut menampilkan keberhasilan atau kegiatan sekolah masing-masing, serta penampilan marching band yang turut menambah semarak barisan pawai.
(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved