Breaking News:

BATAM TERKINI

Hujan Guyur Batam, Kawasan Pergudangan di Batuampar Digenangi Banjir Lumpur

Jalan Kuda Laut di kawasan pergudangan Batuampar Batam digenangi banjir lumpur saat hujan deras yang mengguyur Batam dua hari lalu

Penulis: Pertanian Sitanggang | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Pertanian Sitanggang
Jalan berlumpur di Jalan Kuda Laut, kawasan pergudangan Batuampar, Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Hujan yang kembali mengguyur Batam hari ini, Selasa (6/9/2022), membuat warga dan pemilik gudang di kawasan pergudangan Batuampar, tepatnya di Jalan Kuda Laut khawatir.

Pasalnya, jalan di kawasan itu digenangi banjir lumpur saat hujan guyur Batam dua hari lalu. Sampai saat ini lumpur di jalan tersebut masih cukup tebal.

Warga khawatir jalan berlumpur di kawasan Batuampat itu kondisinya semakin parah.

Handoyo, warga yang tinggal di kawasan pergudangan Batuampar mengatakan, banjir lumpur tersebut sudah sering terjadi. Namun paling parah dua hari lalu, karena hujannya cukup deras dan berlangsung lama.

"Ngeri kali lumpurnya. Dalamnya di jalan itu hampir 10 centimeter. Kalau orang dewasa di atas mata kaki lah," kata Handoyo.

Ia mengatakan, lumpur tersebut datang dari lahan yang jadi proyek pemotongan bukit di belakang Kantor Polsek Batuampar yang baru.

"Kurang tahu lahan itu punya siapa. Itu sudah lama dikerjakan sudah lebih dari dua bulan, sebelumnya tidak ada masalah," kata Handoyo.

Baca juga: KM Kelud Docking September Ini, Pelayaran Dari dan ke Batam Dihentikan Sementara

Menurutnya, akibat hujan deras dan berlangsung lama, tanah bekas potongan di proyek itu hanyut dibawa air hujan dan berubah menjadi lumpur.

Kondisi ini diperparah karena aktivitas kendaraan di kawasan pergudagangan itu cukup tinggi.

"Ya itulah saluran drainasenya juga sudah kotor karena tidak pernah dibersihkan. Jadi air dan tanah dari jalan tidak terbuang ke saluran," kata Handoyo.

Di tempat terpisah, seorang karyawan salah satu gudang yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan, saat banjir lumpur terjadi, tempat kerjanya ikut terdampak.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Batam Hari Ini Selasa 6 September 2022 Berpotensi Hujan di Siang Hari

"Selama hujan turun, air dan lumpur masuk ke dalam kantor. Setengah matilah menguras lumpurnya," kata sumber.

Ia berharap pemerintah secepatnya melakukan tindakan agar tidak terjadi banjir lumpur di kawasan tersebut.

"Ya minimal melakukan normalisasilah, agar air tidak meluap dari saluran," kata sumber. (Tribunbatam.id/Pertanian Sitanggang)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved